Sukses

Waspada 4 Perubahan Warna dan Bentuk Bibir, Bisa Cerminkan Kesehatan Anda

Ternyata, cerminan kesehatan Anda bisa tergambar dari warna dan bentuk bibir. Berikut rinciannya.

Liputan6.com, Jakarta - Percaya atau tidak, perubahan pada bentuk dan warna bibir dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Apakah itu demam, kekurangan makanan atau minuman.

Warna bibir orang memang berbeda-beda. Namun, seseorang yang dalam kondisi sehat akan tergambar dari bibirnya yang tampak segar dan sehat.

Namun, kerap kali kita menemukan bibir yang pucat atau bahkan berubah bentuk. Jika sudah seperti ini, kondisi tubuhmu harus segera diperiksa.

Seperti dikutip dari laman bamail.com, Senin (6/7/2020), berikut 4 perubahan bentuk dan warna bibir yang cerminkan kesehatan Anda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pembengkakan

Terkadang, kita kerap menemukan pembengkakan pada bibir. Kebanyakan orang berpikir jika ini dikarenakan gigitan serangga.

Namun, tak semua bibir bengkak disebabkan oleh gigitan nyamuk atau semut. Makanan yang kita konsumsi juga menjadi penyebabnya.

Bisa jadi Anda mengalami alergi pada makanan, seperti makanan olahan laut yang tidak cocok bagi Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah kerap dianggap karena seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuhnya. Itu semua ada benarnya. Namun, ada hal serius lainnya yang tergambar dari kondisi bibir pecah-pecah.

Seseorang yang mengalami bibir pecah-pecah bisa dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang tidak baik. Misalnya, panas dalam.

Selain itu, kekurangan zat besi dan vitamin B kompleks juga menyebabkan bibir pecah-pecah. Oleh karenanya, konsumsi makanan yang bisa menyehatkan tubuh sehingga mampu mengembalikan zat-zat baik yang hilang.

 

4 dari 5 halaman

3. Perubahan Warna

Selain bentuknya yang berubah, warna pada bibir juga mengindikasi kesehatan Anda. Lazimnya, orang yang sehat bibirnya akan terlihat segar dan tidak pucat.

Apabila bibir seseorang tampak kebiru-biruan, maka orang tersebut sedang anemia (kekurangan zat besi) serta kekurangan oksigen dalam darah.

Sementara itu, apabila muncul bintik cokelat dan hitam pada bibir menunjukkan jika Anda sedang terserang lentigo -- kondisi bercak pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari jangka panjang.

 

5 dari 5 halaman

4. Luka-Luka di Pinggir Bibir

Beberapa orang ada yang mengalami luka-luka atau bengkak-bengkak kecil di pinggir bibir. Kondisi semacam ini biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks dan itu menular.

Biasanya, hal ini muncul dengan disertai rasa gatal atau panas seakan-akan terbakar. Hal ini biasanya dipicu oleh kondisi tubuh yang sudah tidak baik atau virus dari orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.