Toilet Bisa Dibuka dari Luar, Ini 10 Serba-Serbi Pesawat yang Jarang Diketahui

Oleh Liputan6.com pada 07 Jul 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 07 Jul 2020, 18:35 WIB
Tiga Bulan Ditutup, Bandara Orly Paris Kembali Dibuka
Perbesar
Pesawat maskapai Air Corsica mendarat di Bandara Orly Paris, Prancis (26/6/2020). Bandara Paris Orly dibuka kembali mulai Jumat (26/6) dengan layanan terbatas setelah hampir tiga bulan ditutup karena krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19. (Xinhua/Aurelien Morissard)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hal tentang pesawat masih banyak yang tak diketahui publik. Beberapa faktanya cukup mengejutkan.

Mulai dari pintu pesawat tak bisa dibuka selama perjalanan, maskapai tertua di dunia hingga ternyata pintu toilet dalam transportasi udara ini bisa dibuka dari luar.

Dikutip dari Best Life Online, Selasa (7/7/2020), berikut sejumlah serba-serbi mengenai pesawat yang mungkin belum banyak diketahui orang lain.

2 dari 11 halaman

1. Pintu Pesawat Tidak Dapat Dibuka Selama Perjalanan

Pintu Darurat Pesawat
Perbesar
Pintu darurat pesawat di dekat kursi penumpang. (iStockphoto)

Pintu pesawat ini tidak dapat dibuka selama penerbangan. Tekanan interior di dalam pesawat berkisar dari 4 hingga 14 PSI, yang berarti bahwa, kecuali The Hulk atau Thanos naik ke pesawat Anda, kemungkinan pintu itu tidak dapat dibuka.

3 dari 11 halaman

2. Semua Pilot Penerbangan Internasional Harus Mengetahui Bahasa Inggris

Situs Belajar Bahasa Inggris Online
Perbesar
Situs Belajar Bahasa Inggris Online (sumber: iStockphoto)

Semua pilot yang melakukan penerbangan internasional harus mengetahui sedikit bahasa Inggris. Hal ini diterapkan oleh Civil Aviation Association pada tahun 2003, untuk meminimalisir kecelakaan yang dapat terjadi ketika adanya salah komunikasi. 

4 dari 11 halaman

3. Memberikan Sinyal Laser Kepada Pesawat adalah Kejahatan

Ilustrasi laser
Perbesar
Ilustrasi laser (iStock)

Menurut aturan undang-undang 18 Bagian Kode AS 39A, jika Anda mengarahkan laser pointer ke pesawat atau flightpath-nya, Anda dapat masuk penjara setidaknya lima tahununtuk memikirkan apa yang telah Anda lakukan.

5 dari 11 halaman

4. KLM Adalah Maskapai Pesawat Tertua

Maskapai Penerbangan Belanda, KLM
Perbesar
Maskapai Penerbangan Belanda, KLM. (dok.Instagram @klm/https://www.instagram.com/p/BwPMI-3Hdu5/Henry)

Maskapai penerbangan Belanda, KLM, memiliki rekor operasi terpanjang yang terus menerus di dunia. Pesawat-pesawat maskapai yang berbasis di Amsterdam telah lepas landas dan mendarat sejak 1919.

6 dari 11 halaman

5. Pintu Toilet Pesawat Bisa Dibuka dari Luar

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Toilet pesawat ini bisa dibuka dari luar, di bawah tanda toilet, ada saklar yang memungkinkan kru penerbangan untuk membuka pintu jika mereka khawatir tentang keselamatan Anda atau keselamatan penumpang lain. Namun jangan khawatir tentang privasi Anda.

7 dari 11 halaman

6. Pesawat Qantas Belum Mengalami Kecelakaan Parah

Qantas
Perbesar
Qantas (dok. Qantas)

Maskapai asal Australia, Qantas ini hampir satu abad melayani para penumpangnya, dan hingga kini mereka belum memiliki kecelakaan pesawat yang fatal.

8 dari 11 halaman

7. Ada Kabel Dengan Panjang 140 mil di Boeing 747

Kabel Ponsel Charge
Perbesar
(Ilustrasi)

Menurut sebuah laporan dari perusahaan teknologi Tyco Electronics, yang memproduksi konektor kawat untuk industri penerbangan, 747 dapat mengemas 750.000 kaki, atau 140 mil, dari kawat di dalamnya, beratnya sekitar 3.500 pound secara total.

9 dari 11 halaman

8. American Airlines Hemat $ 40.000 Dengan Memotong Satu Bahan Dari Makanan

Ilustrasi makanan pesawat
Perbesar
Ilustrasi makanan pesawat (iStock)

Ketika mencoba untuk memotong biaya pada 1980-an, American Airlines menemukan bahwa menghapus hanya satu item dari makanan penumpang akan berhasil. Dengan hanya mencampurkan hanya satu zaitun dari salad yang disajikan dalam penerbangan, maskapai ini menghemat $ 40.000 selama satu tahun.

10 dari 11 halaman

9. Air Pesawat Penuh Bakteri

Botol air mineral
Perbesar
Botol air mineral bekas pakai

Menurut laporan Wall Street Journal, air yang disediakan di dalam pesawat ini ternyata memiliki bakteri yang banyak.

Bakteri tersebut termasuk salmonella dan staphylococcus dan juga telur serangga.

Studi lain yang dilakukan di Universitas Limerick menemukan 37 spesies bakteri yang berbeda dalam air pesawat terbang, dengan penerbangan jarak jauh memiliki kualitas air yang lebih buruk daripada penerbangan jarak pendek.

11 dari 11 halaman

10. Beberapa Kecelakaan Pesawat Terjadi Ketika Sudah Mendarat

Ilustrasi Kecelakaan Pesawat (2)
Perbesar
Ilustrasi Kecelakaan Pesawat

Ternyata kadang kecelakaan terjadi ketika pesawat sudah mendarat.

Kecelakaan ini menyebabkan Boeing 747 milik Pan Am Flight 1736 dan KLM Flight 4805 bertabrakan di Tenerife. Namun menurut laporan, itu bukan salah dari pilotnya, hanya karena kabut nya terlalu tebal dan mengakibatkan jarak pengelihatanan di bandara menjadi buruk. Dan landasan pacu bandara terlalu padat, menyebabkan dua pesawat bertabrakan, menewaskan 583 penumpang dan anggota kru dalam kebakaran yang terjadi.

Reporter: Yohana Belinda

Lanjutkan Membaca ↓