Sukses

Hama Belalang Terburuk Berjumlah Triliunan di Afrika, Sinyal Perubahan Iklim?

Berkerumun dalam jumlah sekitar triliunan, mereka menghancurkan padang rumput dan tanaman berharga dalam apa yang dianggap sebagai hama belalang regional terburuk dalam beberapa dekade

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus corona bukan satu-satunya hal yang mengganggu Afrika Timur. Di tengah pandemi global, orang-orang di wilayah dunia ini juga bersaing dengan ancaman "sangat serius" lainnya terhadap kehidupan dan mata pencaharian mereka: hama belalang.

Setelah salah satu tahun terbasah dalam catatan, serangga yang rakus ini telah mengumpulkan kekuatan sejak 2019, mengingat kondisi cuaca yang memungkinkan mereka membiakkan generasi demi generasi.

Berkerumun dalam jumlah sekitar triliunan, mereka menghancurkan padang rumput dan tanaman berharga dalam apa yang dianggap sebagai hama belalang regional terburuk dalam beberapa dekade, dari Kenya hingga Etiopia dan Yaman, yang menjangkau hingga bagian India utara.

Sementara banyak yang khawatir tentang kelaparan dan kejatuhan ekonomi dari kawanan ini, ahli entomologi Dino Martins melihat mereka sebagai peringatan yang lebih eksistensial dari alam.

"Sama menakutkan dan dramatisnya," katanya kepada Harvard Gazette dalam sebuah wawancara baru-baru ini, "ada pesan yang lebih dalam, dan pesannya adalah bahwa kita sedang mengubah lingkungan," demikian seperti dikutip dari Sciencealert.com, Sabtu (4/7/2020).

Belalang gurun memenuhi jalan raya di Desa Lerata dekat Archer Post, Kabupaten Samburu, Kenya, Rabu (22/1/2020). Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kenya untuk membasmi hama belalang tersebut, mulai dari menyemprotkan gas air mata hingga menembak belalang. (TONY KARUMBA/AFP)

Martins bekerja di Pusat Penelitian Mpala di Kenya utara, dan ia mengatakan degradasi lingkungan lokal, penggembalaan berlebihan, penggundulan hutan, dan perluasan padang pasir menciptakan kondisi ideal untuk semakin banyak belalang berkembang biak.

Kawanan besar pertama muncul akhir tahun lalu, setelah cuaca hangat dan basah yang luar biasa, dan jumlahnya mencapai ratusan miliar. Pada April, generasi berikutnya menghantam langit, kali ini dalam triliunan. Generasi ketiga diharapkan melanda pada Juli ini dalam jumlah yang lebih besar.

"Ketika Anda berada dalam kerumunan, terutama jika mereka sedang bergerak, itu sebenarnya pengalaman yang sangat luar biasa," kata Martins kepada Harvard Gazette.

"Anda lihat, mereka berubah warna ketika mereka muda --mereka lebih merah muda dan kemudian ketika mereka dewasa mereka menjadi kuning-- jadi ketika mereka terbang di sekitar Anda pada tahap itu, Anda memiliki semua sayap merah muda dan kuning ini berputar-putar dan sedikit bau belalang di sekitar Anda dan banyak burung memakannya."

Saat ini, hama belalang ini biasanya dikendalikan dengan pestisida yang disemprotkan dari atas helikopter. Tetapi hal itu jelas memberikan konsekuensi pada kesehatan manusia, dan kesehatan lingkungan kita.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Lain dari Perubahan Iklim

Perubahan iklim, bagaimanapun, mengubah pola cuaca kita dan membawa lebih banyak hujan ke bagian dunia ini, yang hanya akan melihat belalang berkembang lebih banyak.

Rick Overson, yang bekerja di Global Locust Initiative di Arizona State University, mengatakan kepada penyiar radio AS, NPR baru-baru ini bahwa ia berpikir solusi kita saat ini terlalu kecil cakupannya. Pada akhirnya, dia bilang mereka hanya akan melelahkan kita.

"Sulit untuk mempertahankan pendanaan dan kemauan politik serta pengetahuan dan pengembangan kapasitas ketika Anda memiliki siklus hama belalalng yang tidak dapat diprediksi ini yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun atau dekade," kata Overson.

"Drama dan tontonan wabah sekarang ini penting untuk dibahas, tetapi narasi yang lebih bernuansa melibatkan isu lambat dalam membangun infrastruktur: Jika Anda menunggu sampai reaktif dan melupakannya sampai terjadi lagi, kita akan berada dalam situasi ini selamanya."

Sejauh ini, lebih dari setengah juta hektar lahan di wilayah dunia ini telah dirawat dengan pestisida, dan, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), yang telah menyelamatkan cukup tanaman untuk memenuhi kebutuhan sereal dasar untuk hampir 8 juta orang.

Tetapi merawat petak besar tanah dengan pestisida sangat buruk bagi keanekaragaman hayati. Bahkan jika Anda tidak peduli dengan belalang, ada hewan lain yang perlu dipertimbangkan. Ketika para petani semakin putus asa untuk melestarikan tanaman mereka, lebih banyak dari mereka yang secara sembarangan menyemprot pestisida.

Seorang pria memegang belalang gurun di dekat Desa Sissia, Samburu, Kenya, Kamis (16/1/2020). Pihak berwenang kini berlomba menghancurkan hama tersebut sebelum menyerang tanaman dan membahayakan kelangkaan pangan. (AP Photo/Patrick Ngugi)

Bill Hansson, seorang ahli ekologi kimia dari Max Planck Institute di Jerman, mengatakan kepada Bloomberg bahwa dia khawatir kita justru akan membunuh serangga penting lainnya, seperti lebah, dalam prosesnya.

Ketika hujan lebat terus melemahkan upaya untuk mengendalikan belalang, direktur jenderal FAO, Qu Dongyu, baru-baru ini meminta waktu dan kerja sama.

"Keuntungan kami signifikan, tetapi pertempuran itu panjang dan menyebar ke daerah-daerah baru," kata Qu ."Jelas bahwa kita belum dapat mengumumkan kemenangan. Gejolak sebesar ini jarang dikalahkan dalam beberapa bulan."

Dalam kombinasi dengan pandemic COVID-19, Qu memperingatkan mungkin ada konsekuensi bencana pada mata pencaharian lokal dan keamanan pangan.

Setengah dunia jauhnya, Argentina sedang berjuang melawan gerombolan belalang yang terpisah dengan proporsi yang sangat besar, dan itu mengancam akan meluas ke Paraguay, Uruguay dan Brasil. Para ahli menduga acara ini mungkin juga terkait dengan perubahan iklim.

Sungguh, 2020 merupakan tahun yang tidak bagus bagu manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.