Sukses

Alasan Banyak Orang Mengucap Cheese Saat Berfoto

Ketika Anda mengatakan "cheese", maka sudut mulut Anda terlihat, pipi Anda terangkat, dan gigimu terlihat. Sehingga foto lebih bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap kali diajak berfoto maka banyak yang berkata "cheese" atau yang berarti keju. Tak hanya di Indonesia, cara ini digunakan di beberapa negara.

Ketika Anda mengatakan "cheese", maka sudut mulut Anda terlihat, pipi Anda terangkat, dan gigimu terlihat. Itu terlihat seperti senyuman, dan karena tersenyum maka sebuaf foto dianggap indah, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (3/7/2020).

Maka pertanyaan yang lebih dalam adalah: mengapa senyum adalah ekspresi pakem untuk foto?

Dalam esai 2005 "Why We Say 'Cheese': Producing the Smile in Snapshot Photography," Christina Kotchemidova, seorang profesor di Spring Hill College di Mobile, Alabama, mengemukakan hipotesis menarik yang wajib untuk diketahui.

"Senyum yang sempurna sewaktu berfoto tidak selalu menjadi keharusan," kata Kotchemidova.

Orang-orang di abad ke-19 bahkan diperintah oleh untuk memasang wajah serius. Foto-foto awal ini mengambil isyarat dari potret seni rupa tradisional Eropa, di mana senyum hanya dikenakan oleh petani, anak-anak, dan pemabuk.

Etika dan standar kecantikan waktu itu juga menuntut mulut terbuka kecil dan dikontrol ketat. Di salah satu studio foto London, pelopor "say cheese" sebenarnya bertujuan untuk membantu pengasuh membentuk mulut agar lebih senyum.

Kemudian, sekitar abad ke-20, budaya senyum itu menjadi dominasi. Tak ada batasan lagi, siapapun boleh senyum di foto.

Kotchemidova mengatakan, pertumbuhan jenis kamera yang begitu cepat dan terus mengeluarkan inovasi membuat kebiasaan berfoto sambil senyum semakin populer.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fotografi Identik dengan Orang Kaya

Fotografi dulunya adalah kebiasaan bagi orang kaya. Namun, pada pergantian abad, kamera Brownie seharga US$ 1 Kodak (diperkenalkan pada tahun 1900), dikombinasikan dengan garis buku cara dan pamflet untuk fotografer dan iklan di majalah nasional terkemuk, menciptakan pasar massal untuk fotografi dan mendirikan perusahaan sebagai ahli terkemuka dalam bidang ini.

Kodak datang ke posisi yang disebut Kotchemidova sebagai "kepemimpinan budaya," dengan membingkai cara fotografi, melalui pasokan teknologi, dikonseptualisasikan dan digunakan dalam budaya pada umumnya.

Dalam peran kepemimpinannya, Kodak memasarkan fotografi sebagai hal yang menyenangkan dan mudah. Slogan perusahaan, "Anda menekan tombol, kami melakukan sisanya," meyakinkan konsumen bahwa kerja keras, mengembangkan film dan mencetak foto, diserahkan kepada teknisi Kodak, dan bahwa mengambil foto cukup mudah bagi siapa pun.

Iklan dan publikasi fotografi Kodak disajikan dengan mengambil foto sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi fotografer dan subjek yang bertugas untuk mengabadikan kenangan indah dari masa-masa indah.

Salah satu cara pesan itu dikomunikasikan adalah banyak wajah tersenyum pada konsumen yang bahagia, yang dengan mudah menyediakan "model bagaimana subjek akan terlihat," yang dengan cepat menyebar senyuman seiring dengan adopsi teknologi.

Kotchemidova menyimpulkan bahwa posisi kepemimpinan Kodak dalam budaya fotografi dan kejenuhan mereka terhadap iklan, majalah, dan publikasi mereka sendiri dengan gambar wajah tersenyum memungkinkan perusahaan untuk menentukan standar dan estetika foto yang bagus, dan senyum untuk kamera menjadi budaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.