Sukses

Presiden Meksiko Kutuk Serangan di Pusat Rehabilitasi Narkoba

Pihak berwenang mengatakan orang-orang bersenjata memasuki pusat kota Irapuato di negara bagian Guanajuato tengah, Meksiko pada hari Rabu dan menembak korban.

Liputan6.com, Meksiko - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Kamis, 2 Juli 2020 mengutuk serangan pusat rehabilitasi narkoba yang menewaskan 24 orang.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (3/7/2020) pihak berwenang mengatakan orang-orang bersenjata memasuki pusat kota Irapuato di negara bagian Guanajuato tengah, Meksiko pada hari Rabu dan menembak korban."

"Ini adalah situasi yang sangat serius yang diderita Guanajuato," kata Lopez Obrador saat konferensi pers pagi.

"Ada konfrontasi antara geng (penjahat) dan sebagian besar waktu ini adalah serangan di antara mereka."

Itu adalah serangan paling mematikan tahun ini, yang juga menyebabkan tujuh orang terluka, tiga kritis.

Presiden meminta pemerintah Guanajuato, yang berada di tangan oposisi, untuk menyelidiki apakah kekerasan itu sebagian karena "persekongkolan" antara pemerintah setempat dan gerombolan penjahat.

Gubernur Guanajuato, Diego Sinhue dari Partai Aksi Nasional konservatif, bertemu dengan kabinet keamanannya pada hari Kamis.

Kehadiran infrastruktur energi skala besar di Guanajuato telah menarik gerombolan penjahat seperti kartel Santa Rosa de Lima, yang berurusan dengan bahan bakar curian dan sedang berjuang melawan kartel Generasi Baru Jalisco untuk mengendalikan perdagangan yang menguntungkan.

Pada 21 Juni, pihak berwenang mengatakan mereka telah menangkap 26 tersangka anggota kartel Santa Rosa de Lima, yang merespons dengan membuat blokade kendaraan yang terbakar di tiga kota Meksiko.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Lain

Beberapa hari sebelumnya enam anggota keluarga yang sama, termasuk satu di bawah umur, telah dibunuh di kota Celaya, salah satu dari mereka di mana geng itu membangun blok jalan.

Serangan hari Rabu adalah serangan paling mematikan kedua sejak Lopez Obrador berkuasa pada Desember 2018, setelah 28 orang tewas di sebuah bar di negara bagian timur Veracruz Agustus lalu.

Sejak Desember 2006 ketika pemerintah saat itu melancarkan operasi militer terhadap geng-geng penjahat perdagangan gelap, lebih dari 290.000 orang telah terbunuh, menurut angka resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.