Jurus Anti-Turbulensi, Ini 10 Rahasia Pilot yang Ingin Mereka Bagi ke Publik

Oleh Liputan6.com pada 02 Jul 2020, 19:40 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 19:40 WIB
Pilot
Perbesar
Ilustrasi pilot. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Saat menggunakan transportasi udara, kerap kali kita bertemu dengan para parmugara dan pramugari selama penerbangan. Sangat jarang kita melihat wajah pilot meski sebelum pesawat mengudara. 

Namun siapa sangka bila sebenarnya para pilot juga ingin berbicara dengan penumpang. Mereka juga ingin berbagi sedikit kehidupan dalam kokpit pesawat yang tidak diketahui oleh banyak orang. 

Berikut adalah sepuluh rahasia pilot yang ingin dibagikan kepada penumpang, dikutip dari Huffington Post, Kamis (2/7/2020). 

2 dari 11 halaman

1. Pilot Juga Tidak Suka Jika Penerbangan Dibatalkan

Ilustrasi pilot
Perbesar
Ilustrasi pilot. (iStock)

"Sebagai penumpang, salah satu kekhawatiran yang paling berat adalah penundaan penerbangan ekstensif yang diikuti dengan pembatalan. Kami melewatkan pernikahan teman, pelayaran atau pertandingan baseball. Namun, saya harap penumpang dapat mengerti bahwa ketika kita membatalkan penerbangan, para kru maskapai juga kehilangan even yang spesial," ujar Karlene Petitt dari blognya, Flight of Success.

3 dari 11 halaman

2. Jangan Memesan Tiket di Waktu Dekat

Traveloka
Perbesar
Aplikasi Traveloka memudahkanmu dalam memesan tiket kereta api.

"Penumpang merencanakan perjalanan mereka di menit terakhir sebelum kerja atau berada di suatu tempat. Kemudian mereka marah ketika ada penundaan atau pembatalan penerbangan," ujar pilot yang tidak ingin disebutkan namanya.

4 dari 11 halaman

3. Definisi Tepat Waktu Penerbangan Berbeda Dengan yang Anda Pikirkan

[Bintang] Ilustrasi Waktu
Perbesar
Ilustrasi Waktu (Sumber Foto: Pixabay)

"Definisi tepat waktu jadwal penerbangan biasanya diundur dari jadwal yang tertulis dan mereka diizinkan masuk 14 menit kemudian. On time untuk kedatangan itu kurang lebih ditambah atau dikurangi 14 menit," ujar pilot yang tidak ingin disebutkan namanya. 

5 dari 11 halaman

4. Turbulensi Dapat Terjadi Kapan dan Di Mana Saja

Garuda Perbolehkan Ambil Video dan Foto di Pesawat
Perbesar
Pesawat Garuda Indonesia terparkir di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/7/2019). Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Pilot bisa menghindari turbulensi yang telah diprediksi atau dilaporkan, namun tidak ada jaminan bila semua penerbangan akan berjalan selalu lancar. Atmosfer memiliki cairan yang kerap berubah, itulah yang membuat turbulensi terjadi setiap saat. Jadi, selalu pakai sabuk pengaman Anda ketika duduk," ujar Chris Manno yang juga merupakan pilot dari American Airlines. 

6 dari 11 halaman

5. Jurus Anti-Turbulensi

Pesawat Lion Air
Perbesar
Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

Cara lain untuk menghindari turbulensi adalah terbang di pagi hari. Karena menurut pilot Laura Einsetler dari situs Captain Laura, cuaca di pagi hari memiliki keadaan udara yang lebih ringan. 

7 dari 11 halaman

6. Waktu Penerbangan Tidak Stabil

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat
Perbesar
Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jadwal penerbangan yang sesungguhnya bervariasi. Sehingga tidak dapat dipatok ketika seseorang memesan tiket, ujar pilot anonim.

8 dari 11 halaman

7. Tidak Semua Autopilot Kacau

Ilustrasi kokpit
Perbesar
Ilustrasi kokpit

"Para pilot - manusia, dan bukan pilot otomatis berteknologi tinggi - yang menerbangkan pesawat Anda. Orang-orang memiliki gagasan yang sangat berlebihan tentang apa yang sebenarnya dilakukan oleh otomatisasi kokpit. ” - Patrick Smith dari Ask the Pilot.

9 dari 11 halaman

8. Para Pilot Sudah Terlatih

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan, keberadaan para pilot penguji pesawat baru TNI AU yang ditugaskan di PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) merupakan aset penting dan berharga.
Perbesar
Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan, keberadaan para pilot penguji pesawat baru TNI AU yang ditugaskan di PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) merupakan aset penting dan berharga.

"Saya berharap orang-orang tahu berapa banyak pengalaman, pelatihan, pendidikan, dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum kita bahkan diizinkan menerbangkan jet-jet ini." - Laura Einsetler dari situs Captain Laura.

10 dari 11 halaman

9. Pembatalan Penerbangan Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

Pesawat
Perbesar
Ilustrasi kabin pesawat. (dok. unsplash.com/angelacompagnone)

“Pilot menggunakan pengalaman mereka dan penilaian terbaik untuk membuat pilihan yang sangat sulit untuk tetap di darat dan membatalkan penerbangan. Pilihan itu tidak dibuat enteng dan selalu didasarkan pada keamanan. ”- Karlene Petitt dari Flight to Success.

11 dari 11 halaman

10. Melihat Keberadaan Pintu Darurat Terdekat Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

20150819-Pesawat-Baru-Lion-Air-Tangerang-Edward-Sirait
Perbesar
Pesawat Lion Air Boeing 737 800 NG tiba di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (19/8/2015). Lion Air kedatangan pesawat ke 150 Boeing 737, Lion Air Group kini telah mengoperasikan 244 unit pesawat berbagai tipe. (Liputan6.com/Johan Tallo)

“Saya berharap penumpang tahu letak pintu keluar darurat terdekat mereka. Sebagian besar korban kecelakaan bisa selamat jika Anda keluar. ” - Anne Fletcher

Reporter: Yohana Belinda

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by