Sukses

Jurus Anti-Turbulensi, Ini 10 Rahasia Pilot yang Ingin Mereka Bagi ke Publik

Berikut ini sepuluh rahasia pilot yang ingin mereka bagikan kepada banyak orang!

Liputan6.com, Jakarta - Saat menggunakan transportasi udara, kerap kali kita bertemu dengan para parmugara dan pramugari selama penerbangan. Sangat jarang kita melihat wajah pilot meski sebelum pesawat mengudara. 

Namun siapa sangka bila sebenarnya para pilot juga ingin berbicara dengan penumpang. Mereka juga ingin berbagi sedikit kehidupan dalam kokpit pesawat yang tidak diketahui oleh banyak orang. 

Berikut adalah sepuluh rahasia pilot yang ingin dibagikan kepada penumpang, dikutip dari Huffington Post, Kamis (2/7/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Pilot Juga Tidak Suka Jika Penerbangan Dibatalkan

"Sebagai penumpang, salah satu kekhawatiran yang paling berat adalah penundaan penerbangan ekstensif yang diikuti dengan pembatalan. Kami melewatkan pernikahan teman, pelayaran atau pertandingan baseball. Namun, saya harap penumpang dapat mengerti bahwa ketika kita membatalkan penerbangan, para kru maskapai juga kehilangan even yang spesial," ujar Karlene Petitt dari blognya, Flight of Success.

3 dari 11 halaman

2. Jangan Memesan Tiket di Waktu Dekat

"Penumpang merencanakan perjalanan mereka di menit terakhir sebelum kerja atau berada di suatu tempat. Kemudian mereka marah ketika ada penundaan atau pembatalan penerbangan," ujar pilot yang tidak ingin disebutkan namanya.

4 dari 11 halaman

3. Definisi Tepat Waktu Penerbangan Berbeda Dengan yang Anda Pikirkan

"Definisi tepat waktu jadwal penerbangan biasanya diundur dari jadwal yang tertulis dan mereka diizinkan masuk 14 menit kemudian. On time untuk kedatangan itu kurang lebih ditambah atau dikurangi 14 menit," ujar pilot yang tidak ingin disebutkan namanya. 

5 dari 11 halaman

4. Turbulensi Dapat Terjadi Kapan dan Di Mana Saja

"Pilot bisa menghindari turbulensi yang telah diprediksi atau dilaporkan, namun tidak ada jaminan bila semua penerbangan akan berjalan selalu lancar. Atmosfer memiliki cairan yang kerap berubah, itulah yang membuat turbulensi terjadi setiap saat. Jadi, selalu pakai sabuk pengaman Anda ketika duduk," ujar Chris Manno yang juga merupakan pilot dari American Airlines. 

6 dari 11 halaman

5. Jurus Anti-Turbulensi

Cara lain untuk menghindari turbulensi adalah terbang di pagi hari. Karena menurut pilot Laura Einsetler dari situs Captain Laura, cuaca di pagi hari memiliki keadaan udara yang lebih ringan. 

7 dari 11 halaman

6. Waktu Penerbangan Tidak Stabil

Jadwal penerbangan yang sesungguhnya bervariasi. Sehingga tidak dapat dipatok ketika seseorang memesan tiket, ujar pilot anonim.

8 dari 11 halaman

7. Tidak Semua Autopilot Kacau

"Para pilot - manusia, dan bukan pilot otomatis berteknologi tinggi - yang menerbangkan pesawat Anda. Orang-orang memiliki gagasan yang sangat berlebihan tentang apa yang sebenarnya dilakukan oleh otomatisasi kokpit. ” - Patrick Smith dari Ask the Pilot.

9 dari 11 halaman

8. Para Pilot Sudah Terlatih

"Saya berharap orang-orang tahu berapa banyak pengalaman, pelatihan, pendidikan, dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum kita bahkan diizinkan menerbangkan jet-jet ini." - Laura Einsetler dari situs Captain Laura.

10 dari 11 halaman

9. Pembatalan Penerbangan Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

“Pilot menggunakan pengalaman mereka dan penilaian terbaik untuk membuat pilihan yang sangat sulit untuk tetap di darat dan membatalkan penerbangan. Pilihan itu tidak dibuat enteng dan selalu didasarkan pada keamanan. ”- Karlene Petitt dari Flight to Success.

11 dari 11 halaman

10. Melihat Keberadaan Pintu Darurat Terdekat Bisa Menyelamatkan Hidup Anda

“Saya berharap penumpang tahu letak pintu keluar darurat terdekat mereka. Sebagian besar korban kecelakaan bisa selamat jika Anda keluar. ” - Anne Fletcher

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini