Sukses

Pemerintah Jepang Kini Terapkan Sistem Plastik Berbayar Sebagai Bentuk Upaya Peduli Lingkungan

Pemerintah Jepang telah mewajibkan sistem plastik berbayar di semua toko-toko.

Liputan6.com, Tokyo - Terhitung sejak Rabu 1 Juli 2020, Jepang telah mengeluarkan aturan bagi para toko serba ada, supermarket, toko obat, dan gerai ritel lainnya untuk mengenakan biaya untuk tas belanja plastik, sejalan dengan tren global untuk mengurangi limbah plastik untuk memerangi polusi laut.

Mengutip Japan Times, Kamis (2/7/2020), inisiatif ini bertujuan mendorong pembeli untuk membawa tas mereka sendiri di saat Jepang telah tertinggal dari negara lain dalam pembatasan penggunaan plastik. Selama ini, Jepang telah menghasilkan sampah plastik dengan jumlah terbesar per kapita setelah Amerika Serikat.

Tetapi para ahli lingkungan telah mempertanyakan pentingnya hanya menargetkan tas belanja plastik karena jumlahnya hanya sekitar 2 persen dari 9 juta ton sampah plastik tahunan yang dihasilkan di negara ini.

Wabah Virus Corona COVID-19 juga dapat membuat konsumen enggan menggunakan tas belanja yang sama setiap kali karena masalah sanitasi, dan lebih bersedia membayar plastik yang disediakan di toko.

Pengecer terbagi atas apakah mereka akan mengenakan biaya untuk kantong plastik atau terus menawarkan tas gratis yang menggunakan bahan ramah lingkungan, yang dibebaskan dari peraturan pemerintah.

Kantong bioplastik yang mengandung 25 persen atau lebih bahan yang berasal dari tumbuhan, serta kantung yang dapat digunakan kembali dengan tebal 0,05 milimeter atau lebih, tidak dicakup oleh peraturan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Implementasi Aturan Baru

Tiga operator toserba top Jepang seperti Seven-Eleven Japan Co, Lawson In. dan FamilyMart Co sudah mulai menagih 3 yen atau 5 yen per tas, tergantung pada ukurannya.

"Saya mengerti bahwa ini adalah langkah untuk melindungi lingkungan, tetapi sulit untuk membawa tas setiap hari," kata seorang karyawan pria berusia 39 tahun yang sedang berbelanja di toko Lawson di Tokyo.

Secoma Co, operator dari Seicomart convenience store yang berlokasi terutama di Hokkaido di Jepang utara, sementara itu, memutuskan untuk terus menawarkan tas gratis yang dibebaskan dari peraturan untuk meringankan beban konsumen untuk sementara waktu di tengah pandemi Virus Corona baru.

"Saya bersyukur untuk (pendekatan Secoma) karena saya tidak membawa tas ketika saya berbelanja di sebuah toko," kata Rikako Shirakawa, seorang karyawan call center berusia 43 tahun yang berada di sebuah toko Seicomart di ibukota prefektur Hokkaido, Sapporo.

Karyawan perusahaan lain Eri Honda (44) dari Sapporo, mengatakan bahwa dia telah membawa tas belanjaannya sendiri selama beberapa tahun, sejak dia menyadari masalah limbah plastik. 

"Saya prihatin dengan masalah lingkungan. Saya ingin mulai menanganinya dengan melakukan apa yang saya bisa."

Di antara restoran, McDonald's Co (Jepang) Ltd dan rantai makanan cepat saji Yoshinoya Holdings Co menawarkan makanan takeout dalam kantong bioplastik gratis. Operator department store besar seperti Isetan Mitsukoshi Holdings Ltd beralih menawarkan kantong kertas daripada plastik untuk produk makanannya. 

3 dari 3 halaman

Masalah Plastik di Jepang

Pemerintah Jepang memasukkan kantong plastik wajib ke dalam kebijakan lingkungan pada Mei 2019, tak lama sebelum menjadi tuan rumah KTT Kelompok 20 negara ekonomi utama di Osaka, di mana sampah plastik menjadi agenda utama pembahasan.

Pemerintah telah mendapat kritik internasional karena tidak menandatangani Piagam Plastik Laut yang bertujuan membuat semua plastik dapat didaur ulang pada tahun 2030 di KTT G7 di Kanada pada tahun 2018, dengan mengutip "dampak terhadap ekonomi dan masyarakat." 

Amerika Serikat adalah satu-satunya anggota G7 lainnya yang tidak menandatangani pakta tersebut.

China, Inggris, Prancis, dan Korea Selatan adalah beberapa negara yang mulai mengenakan biaya untuk tas belanja plastik. Beberapa negara asing juga telah memperluas cakupan peraturan plastik di luar tas belanja menjadi piring dan sedotan.

"Dibandingkan dengan negara lain, Jepang telah membuat awal yang lambat dalam mengurangi limbah plastik dan berjuang untuk mendapatkan dukungan publik karena kurangnya visi, jangka panjang yang jelas" atas pengurangan limbah plastik, kata Evonne Yiu, seorang peneliti di PBB Institut Universitas untuk Studi Lanjutan tentang Keberlanjutan di Tokyo.

"Konsumen tidak cukup sadar tentang situasi limbah secara keseluruhan di Jepang dan mengapa pemerintah memperkenalkan kebijakan plasti wajib berbayar," kata Yiu. "Fokusnya lebih pada pembelian tas ramah lingkungan dan alternatif lain dari kantong plastik."

Dia mengatakan Jepang tidak harus membatasi langkah-langkah pengaturannya untuk kantong plastik tetapi harus mulai memperdebatkan pengurangan dan penggunaan kembali produk plastik sekali pakai, seperti kotak makan siang, sedotan, botol dan paket makanan.

Laporan Program Lingkungan PBB juga memperingatkan terhadap penggunaan tas bioplastik dan biodegradable yang dianggap sebagai pengganti tas belanja plastik, dengan mengatakan mereka masih mengarah pada pemanasan global.

Kantong biodegradable menghasilkan karbon dioksida saat dibakar, sementara bioplastik dapat menjadi sumber emisi gas metana saat terkubur di tanah, kata laporan itu.

Lebih dari 8 juta ton limbah plastik diperkirakan mengalir ke lautan setiap tahunnya dan menyebabkan polusi mikroplastik, di mana potongan-potongan kecil plastik yang terdegradasi menyerap bahan kimia berbahaya dan menumpuk di dalam ikan, burung, dan hewan lain ketika mereka menaiki rantai makanan.

Jepang bertanggung jawab atas jumlah per kapita terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data dari UNEP.

Jepang dilaporkan menghasilkan sekitar 9 juta ton sampah plastik setiap tahun. Sekitar 4 juta ton adalah barang sekali pakai seperti botol untuk minuman, bahan kemasan dan wadah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Plastik merupakan polimer, rantai panjang atom yang mengikat satu sama lain. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik.

    plastik

  • Plastik Berbayar