Mirip Karakter Film Star Trek, Unit Baru Pasukan Antariksa AS Dinamai SpOC

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 01 Jul 2020, 18:05 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 18:05 WIB
US Space Force akan menamai salah satu unitnya "Space Operations Command", atau singkatnya yaitu "SpOC",yang mirip dengan karakter dalam film Star Trek, bernama Spock. (Photo credit:AFP Photo/HO)

Liputan6.com, Washington D.C- Sayap militer US Space Force (Pasukan Antariksa AS) mengumumkan salah satu unitnya akan dinamai "Space Operations Command" atau SpOC, yang memiliki kemiripan dengan karakter dalam film Star Trek, bernama Spock.

Dalam pernyataan terkait nama baru untuk salah satu unit mereka, Pasukan Antariksa AS juga mengumumkan struktur organisasi mereka, tetapi tidak membuat referensi nama unitnya tersebut diambil dari karakter film Star Trek

Pernyataan tersebut juga mengungkap, "SpOC akan menjadi penyedia pasukan utama pasukan ruang angkasa dan kemampuan untuk komandan dalam pertempuran, mitra koalisi, pasukan gabungan dan negara."

SpOC akan bermarkas di Peterson Air Force Base, Negara Bagian Colorado, AS, menurut pengumuman itu.

Sementara, Spock merupakan karakter alien Vulcan setengah manusia yang terkenal dengan slogan "highly illogical," (sangat tidak masuk akal) yang diperankan aktor terkenal serial tv dan film Star Trek, Leonard Nimoy, seperti dikutip dari AFP, Rabu (1/7/2020).

2 dari 3 halaman

Domain Perang Terbaru

Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO.
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Presiden Donald Trump mendirikan Space Force sebagai cabang militer keenam AS setelah tentara angkatan darat, angkatan udara, angkatan laut, marinir, dan pengawal pantai, setelah menyebutkan ruang angkasa sebagai "domain perang terbaru di dunia".

Unit SpOC sendiri bukanlah kemiripan pertama pasukan dengan film Star Trek.

Pada Januari 2020, ketika Donald Trump meluncurkan logo Space Force, desain itu secara luas dilihat memiliki kemiripan dengan lambang Starfleet di film Star Trek

Sejak filim bergenre sci-fi klasik itu memulai debutnya di tahun 1966, logo tersebut telah muncul sebagai pin pada seragam Spock dan karakter anggota kru lainnya di film Star Trek, yaitu Kapten Kirk.

Menurut para penggemar Star Trek, film tersebut telah memiliki sejarah panjang dalam meramalkan inovasi nyata dari komputer tablet hingga injeksi obat bebas jarum dan penerjemah waktu secara nyata.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓