Sukses

WHO: Hidup Berdampingan dengan COVID-19 akan Jadi Tatanan Normal Baru

Pandemi Virus Corona COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, dengan hampir 500 ribu kematian

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Virus Corona COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, dengan hampir 500 ribu kematian. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan semua negara yang hidup berdampingan COVID-19 akan memasuki tatanan normal baru dalam beberapa bulan mendatang. 

"Pertanyaan kritis yang akan dihadapi semua negara dalam beberapa bulan mendatang adalah bagaimana hidup berdampingan dengan virus ini. Itu merupakan tatanan normal baru," ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir Xinhua, Selasa (30/6/2020).

Meskipun banyak negara telah membuat beberapa kemajuan dalam upaya melawan COVID-19, sambungnya, pandemi tersebut masih menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Menurut angka terbaru WHO, hingga Senin pukul 15.15 CEST (20.15 WIB), total populasi yang terinfeksi di seluruh dunia telah mencapai 10.021.401 dengan 499.913 kematian.

"Enam bulan lalu, tak satu pun dari kita yang dapat membayangkan bagaimana dunia kita, dan hidup kita, akan mengalami kekacauan akibat virus baru ini," ujar Tedros.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memunculkan Sisi Kemanusiaan

"Pandemi ini telah memunculkan sisi kemanusiaan yang terbaik dan yang terburuk," lanjutnya. "Di seluruh dunia, kita telah melihat kekuatan, daya cipta, solidaritas, dan kebaikan hati yang mengharukan. Namun, kita juga telah melihat tanda-tanda mengkhawatirkan dari stigma, informasi keliru, dan politisasi pandemi itu."

Dia mendesak semua negara untuk memprioritaskan lima langkah untuk menyelamatkan nyawa, termasuk memberdayakan masyarakat dan individu untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain, menekan penularan virus, menyelamatkan nyawa, misalnya dengan penggunaan oksigen dan deksametason, mempercepat penelitian COVID-19, serta memperkuat kepemimpinan politik dan solidaritas.

Tedros juga mengumumkan linimasa yang diperbarui dan terperinci mengenai respons WHO terhadap pandemi tersebut bagi masyarakat untuk memahami bagaimana lembaga kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu menanggapi wabah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.