Sukses

Maskapai VietJetAir Dihukum Karena Gelar Tarian Seksi

Macam-macam cara perusahaan penerbangan untuk menarik konsumen. Di Vietnam sebuah maskapai penerbangan lokal menampilkan para peserta kontes kecantikan berbikini menari di atas pesawat tanpa izin.

Liputan6.com, Hanoi: Macam-macam cara perusahaan penerbangan untuk menarik konsumen. Di Vietnam sebuah maskapai penerbangan lokal menampilkan para peserta kontes kecantikan berbikini menari di atas pesawat tanpa izin.

Kontan saja, maskapai VietJetAir itu dikenai sanksi tegas. Maskapai penerbangan murah itu didenda sebesar 20 juta Dong (sekitar Rp 9 juta) sebagai sanksi karena menggelar pertunjukan tarian Hawaii pada penerbangan pertama dari Ho Chi Minh City ke Nha Trang. Para penumpang merekam kelima perempuan penari tersebut di telepon seluler mereka 3 Agustus silam.

Pejabat penerbangan setempat mengatakan VietJetAir telah melanggar peraturan penerbangan lokal. Sanksi diputuskan setelah ada pertemuan Rabu lalu.

Sementara itu, pihak maskapai penerbangan di situs web-nya mengatakan apa yang dilakukan VietJetAir adalah ingin mewujudkan atmosfer liburan untuk rute penerbangan baru ke Nha Trang yang merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Vietnam.

"Begitu para penumpang berada di pesawat, mereka disambut pramugari yang mengenakan busana pantai dan membawakan tarian Hawaii yang seksi," kata VietJetAir.

Nguyen Trong Thang, inspektur kepala badan penerbangan sipil Vietnam, dalam sebuah kutipan mengatakan bahwa maskapai tersebut "telah melanggar peraturan penerbangan lokal dengan mengadakan pertunjukan tanpa izin di pesawat."

Video adegan tarian berdurasi tiga menit tersebut mengundang debat publik sesudah beredar di internet. (BBC/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.