Sukses

Butuh Waktu Minimal Setahun, WHO Nyatakan Vaksin Virus Corona COVID-19 Masih Tak Pasti

WHO baru menyatakan bahwa kemunculan vaksin Virus Corona COVID-19 masih tidak pasti.

Liputan6.com, Jenewa - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa saat ini, masih tidak pasti bahwa para ilmuwan akan dapat membuat vaksin yang efektif terhadap Virus Corona baru yang telah menyebabkan pandemi COVID-19. Ia juga mengatakan bahwa itu bisa memakan waktu hingga satu tahun sebelum akhirnya ditemukan.

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (26/6/2020), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa jika vaksin seperti itu menjadi kenyataan, itu harus menjadi barang publik yang tersedia untuk semua.

"Akan sangat sulit untuk mengatakan dengan pasti bahwa kami akan memiliki vaksin," kata Tedros.

"Kami belum pernah memiliki vaksin untuk Virus Corona COVID-19. Jadi ketika ditemukan nanti, dan berharap akan ditemukan, itu akan menjadi yang pertama," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandidat Vaksin

Kendati demikian, ia mengatakan WHO sudah memiliki lebih dari 100 kandidat untuk vaksin yang berada pada tahap pengembangan lanjut.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya adalah kita mungkin memiliki vaksin dalam satu tahun. Jika dipercepat, bisa jadi bahkan kurang dari itu, tetapi dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," katanya lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.