Sukses

14 Mimpi dan Artinya, Mungkin Jadi Pertanda Masalah dalam Hidup?

Mimpi kerap kali memiliki arti yang berbeda-beda, seperti apa makna dari mimpi-mimpi yang muncul dalam tidur?

Liputan6.com, Jakarta Setiap 90 menit hingga 2 jam setiap malam, semua orang akan bermimpi. Bahkan beberapa mimpi sangat mudah untuk dipahami, seperti mengenai teman lama atau pergi ke tempat tropis di belahan dunia. 

Tapi tidak semua mimpi mudah dimengerti, dan bahkan arti mimpi akan lebih menarik ketika orang dengan latar belakang kultur yang berbeda memiliki mimpi serupa. 

"Mimpi adalah bahasa universal, yang sering menciptakan gambar rumit dari konsep emosional," jelas Suzanne Bergmann, pekerja sosial berlisensi dan pekerja mimpi profesional selama lebih dari 16 tahun.

Bergmann, yang merupakan bagian dari tim berpengalaman Reflektor Mimpi di DreamsCloud yang memberikan umpan balik dan wawasan tentang mimpi, telah mengidentifikasi 14 gambar umum yang ditemukan dalam mimpi yang di-posting ke database mimpi yang dibuat pengguna DreamsCloud.

"Tidak ada makna tunggal dan pasti untuk simbol dan gambar dalam mimpi," kata Bergmann. "Tapi seperti senyum biasanya berarti seseorang bahagia, gambar-gambar mimpi ini sangat umum, sehingga mereka memiliki makna yang diterima secara umum."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

1. Dikejar

Mimpi dikejar adalah mimpi yang umum diceritakan oleh kebanyakan orang. Biasanya mimpi dikejar orang ini hadir ketika seseorang memiliki kegelisahan yang dengan mudah teringat.

Mimpi ini memiliki arti bahwa seseorang sebenarnya sedang lari dari kenyataan. Mimpi yang membuat kita merasa terkejar ini membantu kita untuk memahami bahwa kita mungkin tidak menangani sesuatu dalam kehidupan kita yang membutuhkan perhatian kita.

3 dari 15 halaman

2. Air

Mimpi air ini kerap kali menggambarkan keadaan emosi kita. Terkadang emosi manusia kurang jelas, dan ini bisa digambarkan dari warna air yang kita lihat, seberapa jernih airnya. 

 

4 dari 15 halaman

3. Kendaraan

Mimpi tentang kendaraan, seperti kereta api, pesawat dan berbagai kendaraan lainnya biasanya menggambarkan arah kehidupan kita.

Kendaraan ini juga dapat membantu memotivasi kita untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. 

5 dari 15 halaman

4. Orang

Melihat orang lain di dalam mimpi kita juga berarti kita harus memperdalam hubungan dengan orang tersebut atau setiap antarpribadi.

Terutama ketika orang lain melihat kekasih mereka itu mencerminkan simbol bahwa kehidupan kita atau orang tersebut merasa terpisah. 

6 dari 15 halaman

5. Kelas atau Sekolah

Ini adalah situasi yang sangat umum bagi orang-orang dalam mimpi untuk menemukan diri mereka di sekolah atau ruang kelas, sering dihadapkan dengan ujian yang mereka tidak siap ambil. Ini adalah contoh yang bagus dari "permainan kata-kata" --pikiran menggunakan kata atau konsep dan memberikan definisi yang berbeda.

"Pelajaran" atau "ujian" yang kita hadapi di dalam sekolah atau ruang kelas seringkali merupakan salah satu yang perlu kita pelajari dari masa lalu kita --yang merupakan salah satu alasan mengapa mimpi-mimpi ini sering dilaporkan oleh orang-orang yang telah lama menyelesaikan sekolah.

7 dari 15 halaman

6. Paralysis

Tidak ada yang tau apa yang dialami seseorang ketika mengalami sleep paralysis atau kelumpuhan selama bermimpi. Karena mimpi sleep paralysis ini terjadi pada tahap REM dan tahap bangun tidur.

Bermimpi tentang kelumpuhan juga dapat menunjukkan bahwa si pemimpi merasa dia tidak memiliki kendali dalam kehidupan mereka.

8 dari 15 halaman

7. Kematian

Mimpi kematian ini memang cukup suram, namun bukan berarti itu bukan mengenai tentang kematian.

Bisa jadi ini adalah awal untuk kita mengawali sesuatu yang baru, seperti proyek yang baru di tempat kerja, atau di kehidupan masing-masing orang. 

9 dari 15 halaman

8. Terbang

Mimpi terbang ini biasanya terkait dengan kendali kita terhadap hidup, biasanya ini mencerminkan kepercayaan diri dan tujuan hidup kita. 

Terbang tinggi adalah salah satu mimpi paling euforia yang bisa dibayangkan, sementara terbang atau "meluncur" rendah ke tanah atau terjebak dalam rintangan seperti kabel listrik bisa sangat membuat frustrasi.

10 dari 15 halaman

9. Jatuh

Tidak semua mimpi yang jatuh menakutkan dan negatif. Beberapa pemimpi melaporkan jenis kejatuhan lambat yang menunjukkan ketenangan dan tindakan melepaskan.

Seringkali, jatuh tak terkendali dari ketinggian menunjukkan sesuatu dalam membangunkan hidup kita yang terasa sangat tak terkendali.

11 dari 15 halaman

10. Nudity

Keterpaparan emosional atau psikologis atau kerentanan sering kali diekspresikan dalam mimpi melalui ketelanjangan.

Bagian tubuh yang terpapar dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang emosi yang membantu kita memahami mimpi kita.

12 dari 15 halaman

11. Bayi

Memimpikan bayi sering kali merupakan sesuatu yang baru: Ini mungkin ide baru, proyek baru di tempat kerja, perkembangan baru atau potensi pertumbuhan di area spesifik kehidupan kita yang terbangun.

13 dari 15 halaman

12. Makanan

Makanan melambangkan energi, pengetahuan, atau nutrisi dan secara langsung berkaitan dengan kecerdasan, emosi, dan kerohanian kita.

Makanan juga bisa menjadi manifestasi dari idiom seperti, "makanan untuk dipikirkan," dan mengungkapkan bahwa kita mungkin "lapar" akan informasi dan wawasan baru.

14 dari 15 halaman

13. Rumah

Rumah sering mewakili pikiran si pemimpi. Tingkat atau ruangan yang berbeda mungkin berhubungan dengan aspek perbedaan dari pemimpi individu dan tingkat kesadaran yang berbeda.

Ruang bawah tanah sering mewakili apa yang telah diabaikan, atau apa yang tidak disadari oleh si pemimpi dalam kehidupannya, sementara kamar tidur berhubungan dengan pikiran dan perasaan yang intim --yang paling dekat dengan inti diri si pemimpi.

15 dari 15 halaman

14. Seks

Seks dalam mimpi bisa menjadi jalan keluar untuk ekspresi seksual. Tetapi mimpi tentang seks juga dapat melambangkan hubungan intim dengan diri sendiri dan orang lain, dan integrasi figuratif dari informasi baru.

Terlepas dari kesamaan yang dimiliki oleh banyak simbol mimpi, penting untuk menunjukkan bahwa hanya pemimpi yang dapat benar-benar menafsirkan makna mimpi mereka dan bagaimana simbol-simbol ini dan artinya dapat terhubung ke peristiwa spesifik yang terjadi dalam kehidupan mereka.

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.