Sukses

Kim Chang-beom, Dubes Korsel Penyuka Empal Gentong Cirebon hingga Masakan Padang

Dubes Korsel Kim Chang-beom ternyata suka sejumlah masakan Indonesia. Mulai dari kuliner Cirebon hingga masakan padang.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Korea Selatan di Indonesia, Kim Chang-beom, akan segera pensiun dari dunia diplomatik dalam waktu dekat. Ia diangkat menjadi dubes sejak 2018. 

Sebelum pulang ke Seoul, Dubes Kim mengadakan acara ngobrol santai bersama Korean Cultural Center.

Dubes Kim lantas mengungkap makanan favoritnya di Indonesia. Tak disangka, ia menyukai kuliner Cirebon.

"Saya mengunjungi Kota Cirebon, salah satu makanan paling terkenal di Cirebon adalah empal gentong. Saya menyukai empal gentong," ujar Dubes Kim, Rabu (24/6/2020).

Dubes Kim menggambarkan rasa empal gentong yang seperti kari, namun lebih penuh cita rasa, terutama jika dipadukan dengan nasi panas.

"Empal gentong sangat enak," ucapnya.

Makanan lain yang juga disukai Dubes Korsel  adalah sate Brebes, sate lilit dari Bali dan sate Ponorogo. Ia menyebut sate Ponorogo memiliki rasa yang luar biasa.

Makanan padang pun juga masuk daftar favorit Dubes Kim.

"Tentunya rendang dan beberapa masakan padang," ucapnya.

Dubes Kim pertama bekerja di Jakarta pada 2003 - 2005 sebagai counsellor politik. Ia ikut membantu pengiriman bantuan dari Korsel untuk korban tsunami Aceh, serta menjadi saksi pemilu di Indonesia usai reformasi.

Selama menjadi duta besar, ia turut berkontribusi dalam berbagai kegiatan seni seperti promosi acara bertema K-Pop hingga nonton bareng film Parasite yang memenangkan piala Oscar untuk film terbaik.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Negara Potensial

Dubes Kim berminat untuk membangun lemabaga think tank usai pensiun sebagai duta besar. Ia ingin mendirikan Center for Strategic and Cultural Studies. 

Lembaga itu rencananya akan fokus ke isu global dan seni budaya. 

Ia pun berharap kondisi pandemi Virus Corona (COVID-19) segera reda dan semua orang bisa kembali berkumpul. Korsel pun membantu Indonesia dalam membantu logistik untuk melawan Corona COVID-19.

Dubes Kim pun memberi semangat kepada para milenial dan menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang punya potensi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.