Sukses

Gedung Opera di Barcelona Dibuka Usai Lockdown, Konser 'Dihadiri' 2.292 Tanaman

Pembukaan Gedung opera Gran Teatre del Liceu di Barcelona setelah pelonggaran kebijakan lockdown 'dihadiri' 2.292 tanaman.

Liputan6.com, Barcelona- Pandemi Virus Corona COVID-19 tidak mematahkan semangat orang-orang di Spanyol untuk membuat performa kreatif dalam menghibur masyarakat.

Digelar setelah pelonggaran aturan lockdown, pembukaan Gedung opera Gran Teatre del Liceu di Barcelona, Spanyol, pada Senin 22 Juni 'dihadiri' 2.292 tanaman. 

Di depan ribuan pot tanaman yang ditempatkan pada setiap kursi opera, UceLi Quartet melantunkan Chrysanthemums karya Giacomo Puccini. Konser itu juga disiarkan secara langsung untuk disaksikan publik. 

Seniman Spanyol, Eugenio Ampudia, yang menggarap konser mengatakan, pertunjukan virtual tersebut terinspirasi penggambaran alam selama pandemi.

"Saya mendengar lebih banyak burung bernyanyi. Dan tanaman di kebun saya tumbuh lebih cepat. Dan, tanpa keraguan, saya berpikir bahwa mungkin sekarang saya bisa menghubungkan itu dengan cara yang intens pada banyak orang dan alam," ungkap Eugenio sebelum konser digelar, seperti dikutip dari Associated Press, Rabu (24/6/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hiasan Suara yang Unik

Cuplikan video yang menampilkan konser virtual di Gedung Opera Liceu di Barcelona itu juga dibagikan oleh AFP dalam laman Twitter resmi mereka. 

Dengan durasi selama 8 menit, suara dedaunan dan ranting-ranting yang berhembus angin bergema di seluruh gedung opera, yang terdengar seperti tepuk tangan menghiasi akhir dari pertunjukan konser virtual itu.

Sebagai ungkapan terima kasih atas upaya mereka selama pandemi, pihak gedung opera mengatakan akan memberikan tanaman kepada petugas kesehatan setempat. Pada Minggu 21 Juni, status darurat nasional di Spanyol telah dicabut setelah tiga bulan lamanya langkah pembatasan untuk menangani Virus Corona diterapkan.  

Pembukaan gedung opera itu juga merupakan yang pertama kalinya sejak pembatasan di negara itu diberlakukan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.