Sukses

Asal-usul Chicken Nugget, Siapa Penemunya?

Konsumen kala itu mengeluh bahwa seekor ayam utuh seringkali terlalu banyak untuk dua atau tiga orang, dan terlalu kecil untuk memberi makan keluarga yang lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Perang Dunia II, dunia perunggasan adalah sarang inovasi. Hibridisasi dan teknik pemeliharaan ayam baru ditingkatkan guna membantu para petani menghasilkan unggas yang lebih lezat, lebih enak, dan lebih murah.

Dikutip dari laman Mentalfloss.com, Selasa (23/6/2020) pada bagian pemrosesan dan ritel, pengemasan ayam dengan kepala, kaki, dan isi perut sudah dilepas membuat produk lebih menarik dan nyaman bagi konsumen.

Produksi ayam meningkat, tetapi ada sedikit peningkatan permintaan untuk memenuhinya. Konsumsi ayam, menurut peneliti pasar, terhenti karena konsumen menderita "bosan makan ayam."

Konsumen juga mengeluh bahwa seekor ayam utuh seringkali terlalu banyak untuk dua atau tiga orang, dan terlalu kecil untuk memberi makan keluarga yang lebih besar.

Terlebih lagi, orang mengatakan mereka tidak punya waktu untuk memanggang ayam utuh atau memasak bagian-bagiannya dengan cara lain, terutama dengan semakin banyak wanita memasuki angkatan kerja pascaperang.

Daging sapi dan babi, sementara itu, dapat dibeli sebagai potongan yang berbeda, dalam jumlah yang berbeda, dan pada titik harga yang berbeda, menawarkan variasi dan fleksibilitas yang membuat ayam tertinggal sebagai daging nomor tiga di Amerika.

Kala itu, seorang penyelamat datang. Ia adalah Dr. Robert Baker, yang bekerja di Universitas Cornell sebagai profesor ilmu pangan dan penghubung untuk petani dan pemasar ayam daerah.

Baker ditugaskan mencari cara untuk meyakinkan konsumen agar makan ayam tak membosan kan dan tak repot. Baker sudah menjadi selebritas lokal karena Cornell Chicken-nya, ayam panggang yang dicampur dengan campuran bumbu yang dicampur dengan cuka, minyak, dan telur.

Resepnya muncul di publikasi universitas dan dibagikan oleh profesor setiap musim panas di stand di New York State Fair.

Bagian dari rencana ayam ala Baker adalah mengembangkan pasar untuk ayam dalam kisaran 2,5 hingga 3 pound, yang akan lebih mudah diatur dalam ukuran untuk konsumen dan dapat dikirim ke pasar lebih cepat oleh petani yang ingin meningkatkan omset mereka.

Namun, untuk melakukan itu, Baker harus membuat sesuatu yang bisa dilakukan orang dengan ayam ukuran "broiler" ini, dan popularitas resep barbekyunya menyarankan bahwa variasi adalah kuncinya.

Laboratorium Baker, diisi dengan penggiling, blender, pengemas dan mesin de-boning yang membantu Baker mulai proses, membentuk dan menyiapkan ayam dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Mereka membuat sosis ayam, roti ayam, ayam bologna, hot dog ayam, dan sejumlah produk baru lainnya. Beberapa dekade kemudian, New York Times akan menjuluki Baker sebagai sebagai penemu sesuatu dari ayam."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temuan Tak Dipatenkan

McDonald sering mengklaim kredit atas penemuan nugget ayam di akhir 70-an. Tetapi yang asli yang tak pernah terlupakan.

Dengan bantuan dari murid-muridnya, Baker membereskan dua rintangan yang menghalangi. Mereka menyimpan daging olahan bersama-sama dengan mengeluarkan uap air dan menambahkan zat pengikat, dan membuat adonan menempel dengan membekukan nugget, melapisinya dan kemudian membeku lagi.

Laboratorium membuat paket dan label dan menguji gigitan ayam tepung roti beku mereka di beberapa toko grosir lokal. Selama satu setengah bulan berikutnya, mereka menjual 200 kotak seminggu.

Penelitian Baker diterbitkan dalam publikasi Cornell gratis, dan Baker tidak pernah mematenkan produk-produk ayamnya.

Dengan ide-ide itu muncul berbagai versi produk ayam olahan lainnya bermunculan di seluruh negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.