Sukses

Uni Eropa Beri China Peringatan Keras Jika Kekang Hong Kong dengan UU Keamanan Nasional

Uni Eropa memberi peringatan bagi China terkait RUU Keamanan Nasional Hong Kong.

Liputan6.com, Brussel - Uni Eropa memberi peringatan keras bahwa China akan menghadapi "konsekuensi yang sangat negatif" jika tetap maju dengan undang-undang keamanan baru untuk Hong Kong. Hal ini pun meningkatkan tekanan pada Beijing atas undang-undangnya yang kontroversial.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan ketua Dewan Eropa Charles Michel mengatakan kepada para pemimpin utama China tentang "keprihatinan besar" mereka terhadap undang-undang baru, yang menurut para kritikus akan mengekang otonomi dan kebebasan pusat keuangan Asia di Hong Kong, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (24/6/2020). 

Pesan keras yang disampaikan saat konferensi video dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang itu menambah keprihatinan internasional atas apa yang dialami Hong Kong, meskipun Beijing tidak menunjukkan tanda-tanda untuk mendukung undang-undang yang katanya perlu dipertahankan.

"Kami menyatakan keprihatinan kami yang besar tentang usulan hukum keamanan nasional untuk Hong Kong," kata Michel setelah pembicaraan tersebut. 

"Kami meminta China untuk mengikuti janji-janji yang dibuat kepada masyarakat Hong Kong dan komunitas internasional mengenai otonomi tingkat tinggi Hong Kong dan menjamin kebebasan," sambungnya lagi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan China

Menanggapi komentar Uni Eropa, kementerian luar negeri China mengatakan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan Hong Kong adalah "urusan dalam negeri".

"Kami menentang campur tangan pihak asing dalam masalah ini," kata jurubicara kementerian itu, Wang Lutong, kepada wartawan dalam sebuah konferensi singkat, dengan mengatakan bahwa para pemimpin China telah "menyatakan posisi kami" pada konferensi video.

Sebuah laporan pertemuan puncak oleh kantor berita pemerintah China Xinhua tidak menyebutkan Hong Kong tetapi mengatakan Xi telah menekankan negaranya menginginkan "perdamaian tanpa hegemoni".

Para menteri luar negeri dari kelompok negara-negara industri G7 pekan lalu telah mendesak Beijing untuk mempertimbangkan kembali undang-undang yang diusulkan, yang telah menimbulkan kekhawatiran akan mengakhiri kebebasan relatif Hong Kong dan membuka pintu bagi berbagai jenis penindasan yang terlihat di daratan Tiongkok.

Mengomentari bahasa pernyataan G7, von der Leyen mengatakan mereka telah menjelaskan kepada China bahwa Uni Eropa percaya pengenaan undang-undang keamanan nasional melanggar komitmen internasional Beijing.

"Undang-undang keamanan nasional berisiko secara serius merusak prinsip 'satu negara, dua sistem' dan otonomi tingkat tinggi Hong Kong, yang kami harap akan tetap ada," jelasnya.

Von der Leyen mengatakan dia telah memperingatkan para pemimpin China bahwa Hong Kong berutang akan keberhasilan ekonominya kepada otonomi relatifnya dari Beijing.

"Jadi kami juga menyampaikan bahwa Tiongkok berisiko konsekuensi yang sangat negatif jika maju dengan memberlakukan undang-undang ini," katanya lagi.

3 dari 3 halaman

Kebijakan Satu Negara Dua Sistem

Di bawah perjanjian "Satu Negara, Dua Sistem" yang dibuat sebelum Inggris menyerahkan wilayah itu kembali ke China pada tahun 1997, Beijing setuju untuk membiarkan Hong Kong mempertahankan kebebasan tertentu sampai tahun 2047 - termasuk kemerdekaan legislatif dan yudisial dan kebebasan berbicara.

Tetapi setelah satu tahun berlangsungnya demonstrasi besar dan sering dengan kekerasan yang telah berubah menjadi seruan populer untuk demokrasi dan akuntabilitas polisi, Beijing mengatakan undang-undang baru diperlukan untuk mengakhiri kerusuhan dan memulihkan stabilitas.

Baik China maupun Uni Eropa sama-sama mengaku ingin memperkuat hubungan, tetapi hubungan itu terjerat dalam ketidaksepakatan tentang topik mulai dari aturan perdagangan dan investasi hingga hak asasi manusia dan keamanan nasional.

Dan pembicaraan pada hari Senin datang dengan latar belakang meningkatnya ketegangan dan meningkatnya ketidakpercayaan antara Brussels dan Beijing.

Hingga kini upaya Uni Eropa untuk mempertahankan sikap Xi yang semakin tegas di China telah dihalangi oleh kurangnya persatuan di antara 27 negara anggotanya, banyak di antaranya telah didekati dengan konsisten oleh negara raksasa Asia tersebut. 

Menuju ke puncak, para pejabat China menggerutu tentang usulan undang-undang Uni Eropa baru yang bertujuan untuk memastikan perusahaan asing yang didukung oleh subsidi negara yang besar tidak merusak kompetisi di Eropa.

Ada kekhawatiran khusus tentang perusahaan-perusahaan China yang datang untuk membeli perusahaan-perusahaan Eropa yang dilemahkan oleh resesi yang dipicu oleh Virus Corona COVID-19.

Menurut media berita Xinhua, Xi mengatakan ekonomi China dan Eropa harus menjadi "mesin ganda ekonomi dunia" untuk mendorong pemulihan setelah pandemi.

Setelah KTT, von der Leyen mengatakan perlu ada "lebih banyak ambisi" dari pihak China untuk menyimpulkan perjanjian investasi yang macet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.