Sukses

Karena Paket Durian Beraroma Menyengat, 6 Petugas Pos di Jerman Dilarikan ke RS

Polisi, petugas pemadam kebakaran dan layanan darurat dipanggil ke kantor pos di Kota Bavarian Schweinfurt Jerman, setelah staf memperhatikan bau menyengat berasal dari paket yang ternyata durian.

Liputan6.com, Schweinfurt - Sebanyak 12 pekerja pos Jerman menerima perawatan medis, lusinan lainnya diungsikan karena paket mencurigakan berbau menyengat - yang ternyata merupakan pengiriman buah durian yang terkenal dengan aroma khasnya yang menyengat.

"Sebanyak 12 pekerja pos yang mengeluhkan mual harus dirawat di tempat," kata polisi di Schweinfurt, seraya menambahkan bahwa 6 orang di antaranya dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

Mengutip CNN, Selasa (23/6/2020), polisi, petugas pemadam kebakaran dan layanan darurat dipanggil ke kantor pos di Kota Bavarian Schweinfurt pada Sabtu 20 Juni, setelah staf memperhatikan bau yang berasal dari paket.

"Karena konten yang tidak diketahui, pada awalnya tidak jelas apakah paket mencurigakan itu memiliki risiko lebih besar," demikian menurut sebuah pernyataan dari departemen kepolisian Schweinfurt menjelaskan.

Akibat paket berbau menyengat tersebut, seluruh gedung dievakuasi. Sekitar 60 karyawan terpaksa pergi dari bangunan tersebut, sebelum paket diperiksa dengan cermat. Ternyata kemudian diketahui berisi empat buah durian Thailand, yang dikirim oleh seorang warga kota berusia 50 tahun dari seorang teman di Nuremberg.

Enam ambulans, lima mobil responden pertama dan dua kendaraan darurat dikerahkan dalam insiden tersebut. Tiga pemadam kebakaran yang berbeda juga terlibat.

Buah durian itu akhirnya dikirim ke penerima yang dituju.

Saksikan juga Video ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Durian Bikin Masalah di Tempat Lain

Rasa buah berduri dengan tekstur krim itu telah membuatnya populer di seluruh Asia Tenggara, tetapi baunya yang khas dan menyengat membuatnya banyak dicela.

Singapura telah melarang buah dalam sistem kereta bawah tanahnya, dan banyak hotel melarang durian karena baunya - yang oleh beberapa kritikus disamakan dengan makanan busuk atau kaus kaki kotor.

Ini bukan kali pertama durian menimbulkan kepanikan. Tahun lalu, staf di perpustakaan Universitas Canberra dipaksa untuk mengevakuasi bangunan itu karena ada dugaan kebocoran gas, tetapi setelah dilakukan pencarian ternyata asalnya dari buah itu.

Pada November 2018, sebuah muatan durian juga menyebabkan pesawat Indonesia ditunda sementara gegara penumpang mengeluh ada bau busuk di kabin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.