Sukses

Donald Trump Dikhawatirkan Desak FDA Produksi Vaksin Corona Jelang Pilpres AS

Presiden Donald Trump ditakutkan akan memaksa Badan FDA untuk segera memproduksi vaksin menjelang pemilu untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Liputan6.com, Washington D.C - Kekhawatiran kini muncul bahwa pemerintahan Donald Trump kemungkinan akan menekan Food and Drug Administration (FDA) untuk segera meluncurkan vaksin Virus Corona COVID-19 ke pasaran pada saat pemilihan presiden mendatang, setelah Gedung Putih menyerang badan tersebut karena membalikkan dirinya dengan perawatan obat eksperimental.

Mengutip The Guardian, Selasa (23/6/2020), para kritikus mengatakan bahwa keputusan FDA pada bulan April untuk menyetujui Hydroxychloroquine untuk penggunaan darurat menunjukkan bahwa regulator rentan terhadap tekanan politik dari Gedung Putih.

Tetapi para ahli dari luar lainnya mengatakan bahwa persetujuan pengaturan untuk vaksin apa pun, akan memerlukan tingkat transparansi data yang akan mencegah proses menjadi terlalu terburu-buru.

Upaya FDA pada Hydroxychloroquine mengikuti kesalahan langkah sebelumnya oleh agen dalam menghadapi pandemi, kata para kritikus, termasuk persetujuan awal tes antibodi yang tidak efektif dan pengawasan ketat pada pengujian laboratorium swasta yang berlangsung hingga 13 Maret.

"Kekhawatiran di sini adalah bahwa mereka akan menggunakan standar otorisasi penggunaan darurat" untuk menyetujui vaksin, kata Ezekiel Emanuel, seorang profesor medis di University of Pennsylvania dan mantan penasihat kebijakan kesehatan Gedung Putih pada masa pemerintahan Obama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan FDA

Komisioner FDA Stephen M Hahn mengatakan badan itu tidak akan mengizinkan politik untuk masuk dalam upaya menemukan vaksin. 

"Kami menganggap serius pengembangan vaksin COVID-19 untuk rakyat Amerika," katanya. 

"Sains dan data - bukan politik - telah dan akan selalu memandu pengambilan keputusan kami, termasuk pekerjaan kami terkait dengan vaksin."

Wayne Koff, presiden dari Proyek Vaksin Manusia, mengatakan dia tidak berpikir "akan ada tekanan politik" untuk mempercepat persetujuan vaksin. 

"Karena saya pikir datanya akan transparan, karena semua data ada di bidang ini," kata Koff.

Tetapi yang lain khawatir bahwa dengan pemilihan pada November mendatang, regulator dapat berada di bawah tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memberikan berita utama kemenangan bagi Trump.

Hingga saat ini, AS telah memiliki lebih dari 2 juta kasus COVID-19 dan 119.000 kematian, hampir tiga kali lipat dari jumlah kematian dibandingkan di negara peringkat kedua, Brasil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.