Sukses

Sakit Kepala Saat WFH? 5 Benda di Dapur Ini Bisa Bantu Hilangkan Pusing

Ada beberapa jenis sakit kepala itu sendiri, migran atau sakit kepala sebelah misalnya. Selama ini, seseorang yang mengalami sakit kepala langsung minum obat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sakit kepala melanda, rasanya benar-benar tak nyaman. Mau mengerjakan tugas jadi sulit. Namun, untuk menentukan penyebab sakit kepala bukanlah perkara yang mudah. Terlebih saat kondisi pandemi ini, banyak orang yang bekerja dari rumah dan mengalami bosan lalu pusing.

Ada beberapa jenis sakit kepala itu sendiri, migran atau sakit kepala sebelah misalnya. Selama ini, seseorang yang mengalami sakit kepala langsung minum obat untuk meredakan tegangan tersebut.

Padahal, tak melulu sakit pada anggota tubuh dapat diobati dengan obat kimia. Sejumlah bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur rupanya bisa mengusir sakit pada kepala.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Senin (22/6/2020), berikut 5 bahan-bahan di dapur yang bisa sembuhkan sakit kepala:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cengkeh

Cengkeh dikenal akan khasiatnya yang sangat luar biasa karena memiliki sifat penghilang rasa sakit dan pendinginan pada tubuh. Cengkeh pun punya khasiat lain yaitu untuk meredakan sakit kepala.

Untuk membuat ramuan dari cengkeh, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukannya ke dalam kantung kain, lalu hancurkan sedikit demi sedikit.

Saat rasa sakit melanda, hirup aroma cengkeh ini sehingga pikiran Anda akan jauh lebih tenang. Dengan demikian, rasa sakit pada kepala akan hilang.

3 dari 6 halaman

2. Jahe

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala. Secara otomatis, dengan mengonsumsi jahe dapat menghilangkan sakit kepala.

Anda hanya perlu mencampur potogan jahe ke dalam jus lemon. Minum ramuan ini satu sampai dua kali sehari.

Anda juga dapat mencampur satu sendok teh bubuk jahe dengan dua sendok makan air dan gunakan campuran ini di dahi Anda dan biarkan selama beberapa menit untuk merasakan khasiatnya.

4 dari 6 halaman

3. Basil

Basil adalah relaksan yang sangat populer dan berkhasial meredakan otot pada bagian kepala yang tengang. Dengan mengonsumsi basil maka efek analgesik akan Anda rasakan dan mampu menenangkan pikiran.

Anda hanya perlu menambahkan dua sampai tiga basil segar dalam satu cangkir air biarkan mendidih selama lima menit. Anda dapat menambahkan madu ke dalam air ini dan kemudian meminumnya selagi masih hangat.

5 dari 6 halaman

4. Jus Daun Mint

Menthone dan menthol adalah komponen utama mint yang terbukti sangat membantu dalam menyembuhkan sakit kepala.

Ambil segenggam daun mint ambil ekstraknya dan aplikasikan lapisan itu pada pelipis dan dahi Anda untuk menikmati kelegaan.

Anda juga dapat menggunakan kompres teh mint di dahi untuk menyembuhkan sakit kepala.

6 dari 6 halaman

5. Rosemary

Rosemary mengandung asam rosmarinic yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu menenangkan pikiran seseorang. Aroma dari rosemary juga berkhasiat menghilangkan sakit kepala.

Anda hanya perlu atu sendok makan minyak zaitun, lalu campurkan dengan dua sampai tiga tetes minyak esensial rosemary. Pijat kepala Anda dengan minyak ini lalu rasakan khasiatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.