Sukses

Lukai 250 Warga dan Bunuh 1 Orang, Monyet Pemabuk India Dikandangkan Seumur Hidup

Seekor monyet pemabuk kerap menyerang orang dan bahkan membunuh satu manusia saat mencari minuman beralkohol. Ia kini harus hidup dari balik jeruji besi kandangnya seumur hidup.

Liputan6.com, Mirzapur - Monyet asal Mirzapur, India ini terancam dikandangkan seumur hidup. Primata berusia enam tahun yang memiliki nama Kalua itu menggigit setidaknya 250 orang dan menyebabkan salah satunya meninggal, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (19/6/2020)

Akibat perilakunya, Kalua memicu ketakutan para warga di Mirzapur, terutama di daerah hutan dan kebun binatang. Mereka pun memanggil pihak berwenang.

Setelah beberapa kali upaya penangkapan, akhirnya monyet itu berhasil ditangkap dan dimasukan ke kebun binatang Kanpur.

Menurut laporan, Monyet Kalua ternyata kerap diberi minuman beralkohol oleh sang pemilik yang merupakan seorang okultis -ahli ilmu gaib. Ketika sang majikan meninggal, tak ada lagi yang memberinya minuman beralkohol. Hal itu menyebabkan perilaku primata tersebut menjadi agresif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketakutan akan Melukai Orang Bila Dibebaskan

Ada ketakutan tersendiri dari tim bila Kalua dibebaskan ada kemungkinan dirinya akan menyerang orang lagi. 

"Kita akan mengurungnya selama beberapa bulan, sebelum memindahkannya ke kandang yang terpisah. Tidak ada perubahan prilakunya yang berbeda, monyet tersebut tetap agresif. Sudah tiga tahun dia berada di sini, tapi sudah ditetapkan bahwa Kalua akan tinggal di penangkaran ini seumur hidupnya," ujar dokter Mohd Nasir. 

Saat ini Kalua sudah berumur enam tahun, tapi dokter khawatir Kalua akan menyerang orang bila dilepas kembali. Meski sudah tiga tahun berada dalam kandang, ia juga bahkan belum akrab dengan penjaganya.

Reporter: Yohana Belinda

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.