Top 3: Alasan Korea Utara Bom Kantor Perhubungan Korea Selatan Mencuri Perhatian

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 19 Jun 2020, 09:44 WIB
Diperbarui 19 Jun 2020, 09:44 WIB
FOTO: Korea Utara Ledakkan Kantor Penghubung dengan Korea Selatan
Perbesar
Kondisi sebelum ledakan kantor penghubung antara Korea Utara dengan Korea Selatan di Kaesong, Korea Utara, Selasa (16/6/2020). Sebelumnya, Kim Yo-jong menyatakan adegan tragis akan terjadi di kantor penghubung yang disebutnya tak berguna itu. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Liputan6.com, Jakarta- Korea Utara telah meledakkan kantor penghubungnya dengan Korea Selatan di dekat perbatasan antar-Korea. 

Berita tentang alasan Korea Utara meledakkan kantor penghubung itu menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Jumat (19/06/2020). 

Berita populer lainnya adalah mengenai misteri Virus Corona di Beijing yang berasal dari ikan salmon Norwegia. Namun, otoritas China dan Norwegia telah menyimpulkan bahwa ikan salmon tersebut kemungkinan bukan sumber dari virus, menurut berita tersebut. 

Artikel yang jadi sorotan lainnya membahas tentang penampakan UFO yang melayang di langit Jepang. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

2 dari 5 halaman

1. Terkuak, Ini Alasan Korea Utara Bom Kantor Perhubungan hingga Sebut Korsel Anjing Kampung

FOTO: Korea Utara Ledakkan Kantor Penghubung dengan Korea Selatan
Perbesar
Ledakan kantor penghubung antara Korea Utara dengan Korea Selatan di Kaesong, Korea Utara, Selasa (16/6/2020). Kantor penghubung antara Korea Utara dengan Korea Selatan itu didirikan dua tahun lalu. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Korea Utara telah meledakkan kantor penghubung bersama di dekat perbatasan antar-Korea, tetapi masih di wilayahnya sendiri.

Kantor yang dibuka pada tahun diplomasi yang kuat yakni 2018, awalnya memiliki tujuan untuk membantu kedua pihak saling berkomunikasi, seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (18/6/2020). 

Namun pada awal Juni 2020, Korea Utara menyatakan kemarahannya terhadap propaganda lintas batas dan kemudian memutus semua komunikasi dengan Korea Selatan.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Virus Corona di Beijing Berasal dari Salmon Norwegia?

Ilustrasi Salmon
Perbesar
Ilustrasi salmon (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Virus Corona jenis baru ditemukan pada talenan tempat pemotongan ikan salmon impor di pasar induk Xinfadi, Beijing, China. Temuan itu membuat China kini menghadapi gelombang baru infeksi COVID-19.

Namun, otoritas China dan Norwegia telah menyimpulkan bahwa ikan salmon Norwegia kemungkinan bukan sumber dari Virus Corona itu. Hal tersebut disampaikan menteri perikanan dan makanan laut Norwegia Odd Emil Ingebrigtsen.

"Setelah pertemuan antara pejabat China dan Norwegia pada Selasa 16 Juni, kedua negara telah menyimpulkan bahwa sumber wabah Virus Corona baru bukan berasal dari ikan dari negara Nordik," kata Odd Emil Ingebrigtsen seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/6/2020).

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. UFO Melayang di Langit Jepang, Begini Penampakannya

Ilustrasi UFO
Perbesar
Ilustrasi UFO (AFP)

Objek terbang tak dikenal atau unidentified flying object (UFO) terlihat di langit Aoba, Sendai, Jepang. Dengan bentuk seperti balon misterius yang terlihat mengambang di langit Jepang utara, objek itu telah menyedot perhatian warga Jepang.

UFO itu pertama kali terlihat pada Rabu 17 Juni 2020 pagi waktu setempat, ketika warga di kota Sendai utara meramaikan media sosial dengan memposting gambar dan memperdebatkan apa yang mereka lihat.

"Benda putih ini tidak bergerak sama sekali. Apa itu? Adakah yang bisa memberitahuku?" tulis satu warganet.

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓