Sukses

Sengketa Perbatasan Himalaya, Menlu Retno Marsudi Minta China-India Tahan Diri

Menlu Retno Marsudi menyampaikan pentingnya berdialog dalam mengatasi sengketa antara China dan India.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyerukan agar China dan India yang bertikai di perbatasan Himalaya bisa menahan diri.Retno menyebut India dan China merupakan mitra dan sahabat Indonesia, terutama dalam memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"India dan China adalah mitra dekat Indonesia. Kedua negata itu menjadi salah satu negara inti yang bisa menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-pasifik," ujar Retno Marsudi dalam press brefing di Istana Presiden pada Kamis (18/6/2020) yang disiarkan secara virtual.

"Saya meminta agar India dan China untuk menahan diri sehingga dapat menciptakan kondisi yang kondusif," jelasnya.

Menlu Retno juga menyampaikan pentingnya berdialog dalam mengatasi sengketa. "Ini adalah masalah perbatasan historis yang panjang antara kedua negara." 

Sebelumnya, dilaporkan ada 20 tentara India yang tewas dalam konflik dengan pasukan China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.

PM Narendra Modi mengatakan India akan "bangga bahwa tentara kita tewas dalam pertempuran melawan China" dalam bentrokan di wilayah Ladakh pada hari Senin kemarin, seperti dikutip dari laman BBC.

Para tentara dilaporkan berkelahi dengan tongkat biasa hingga tongkat bambu yang dipenuhi paku. Tidak ada tembakan yang dilaporkan.

Atas kejadian ini, kedua belah pihak saling menyalahkan.

Insiden ini adalah bentrokan mematikan pertama antara kedua pihak di wilayah perbatasan, di wilayah Kashmir yang disengketakan, dalam setidaknya 45 tahun belakangan. Semenjak insiden tersebut, beberapa tentara India masih diyakini hilang.

Tentara India mengatakan China juga menjadi korban tetapi Beijing tidak memberikan rincian terkait hal tersebut.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Sengketa

Pertempuran terjadi di medan terjal berbatu-batu dari Lembah Galwan yang secara strategis merupakan area penting, yang terletak di antara Tibet di China dan Ladakh di India.

Media India mengatakan bahwa para tentara terlibat dalam pertempuran langsung, dengan beberapa "dipukuli hingga mati". Selama perkelahian, satu surat kabar melaporkan, yang lainnya jatuh atau didorong ke sungai.

Tentara India awalnya mengatakan seorang kolonel dan dua tentaranya tewas. Kemudian dikatakan bahwa "17 tentara India yang terluka kritis dalam menjalankan tugas" dan meninggal karena luka-luka mereka, menjadikan "total yang tewas dalam aksi tersebut menjadi 20".

"Saya mengetahui bahwa beberapa prajurit India hilang. Sisi India masih bekerja untuk membebaskan mereka dari tahanan Tiongkok," kata analis pertahanan Ajai Shukla.

Pasukan India tampaknya jumlahnya jauh lebih banyak dari pasukan China.

Seorang pejabat senior militer India mengatakan bahwa ada 55 orang India melawan 300 orang China, yang ia sebut sebagai "Pasukan Maut".

"Mereka memukul kepala tentara laki-laki kami dengan tongkat logam yang dibungkus dengan kawat berduri. Tentara lelaki kami berperang dengan tangan kosong," kata petugas itu, yang tidak mau disebutkan namanya.

Akunnya, yang tidak dapat diverifikasi, sesuai dengan laporan lain di media India yang merinci pertempuran tersebut.

Bentrokan itu pun memicu protes di India, dengan orang-orang membakar bendera China.

Menyikapi konfrontasi untuk pertama kalinya dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Rabu, Perdana Menteri Modi mengatakan: "India menginginkan perdamaian tetapi ketika diprovokasi, India mampu memberikan jawaban yang pas, baik itu situasi apa pun.

"Negara akan bangga bahwa tentara kita mati melawan China."

Dia mengatakan dia ingin "meyakinkan bangsa" bahwa kehilangan tentara "tidak akan sia-sia".

"Bagi kami, persatuan dan kedaulatan negara adalah yang paling penting," tambahnya.

China menuduh India menyeberangi perbatasan ke pihak China. Kementerian luar negerinya mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka ingin menghindari bentrokan lebih lanjut, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Belum dikonfirmasi berapa banyak personelnya tewas atau terluka. Wartawan BBC Robin Brant di Beijing mengatakan bahwa Tiongkok tidak pernah memberikan konfirmasi kontemporer tentang kematian militer di luar tugas penjaga perdamaian.

Ini bukan pertama kalinya kedua negara bertetangga nuklir itu bertempur tanpa senjata api konvensional di perbatasan. India dan China memiliki sejarah saling berhadapan dan klaim teritorial yang tumpang tindih sepanjang lebih dari 3.440 km (2.100 mil), Line of Actual Control (LAC) yang digambar dengan buruk dan memisahkan kedua belah pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.