Cegah Corona COVID-19, Rumah Presiden Rusia Vladimir Putin Pasang Terowongan Disinfektan

Oleh Liputan6.com pada 19 Jun 2020, 07:06 WIB
Diperbarui 19 Jun 2020, 07:06 WIB
Rusia Catat 7.497 Kasus COVID-19
Perbesar
Polisi berjaga di depan pintu masuk Lapangan Merah (Red Square) di Moskow, Rusia (7/4/2020). Hingga Selasa (7/4), dengan jumlah infeksi mencatatkan rekor kenaikan harian sebanyak 1.154 atau naik dari 954 kasus yang dicatat pada sehari sebelumnya. (Xinhua/Evgeny Sinitsyn)

Liputan6.com, Rusia - Juru bicara Vladimir Putin telah mengkonfirmasi bahwa ada terowongan khusus disinfektan di Kremlin dan residen presiden Rusia itu di Moskow selama pandemi Virus Corona COVID-19.

Instalasi perangkat khusus seperti bilik yang dapat dilewati oleh pengunjung residen Putin di Novo-Orgaryovo pertama kali diberitakan pada Selasa 16 Juni 2020 oleh kantor berita pemerintah RIA-Novosti.

"Disinfektan seperti ini juga dipasang di Kremlin, ada dua terowongan di sana, dan hal sama juga ada di Novo-Ogaryovo, di mana itu merupakan tempat kerja Presiden, dirinya banyak memiliki acara di tempat itu,” ujar Jubir Vladimir Putin, Dmitry Peskov melalui conference call pada Rabu 17 Juni.

"Pemasangan disinfektan ini ada kaitannya dengan situasi epidemilogi saat ini, mereka memasangnya saat epidemi (COVID-19) memuncak," tuturnya.

"Kalian tahu saat ini masih ada beberapa pembatasan di beberapa tempat, meskipun saat ini banyak aturan lockdown yang sudah dilonggarkan. Namun memakai masker dan sarung tangan masih berlaku, dan tentunya ketika menghadap kepala negara, ada beberapa prosedur keamanan yang ditambahkan.”

Rusia telah menjadi salah satu negara yang terkena imbas dari pandemi COVID-19, Negeri Beruang Merah itu berada di posisi ketiga dunia setelah Amerika Serikat, dan Brasil. Setidaknya telah dialporkan 550.000 kasus dan 7.400 kematian menurut Universitas Johns Hopkins.

Oposisi Vladimir Putin sebelumnya mengkritik apa yang mereka pandang sebagai deklarasi prematur sukses Presiden Rusia dalam memerangi Virus Corona COVID-19, seperti yang dikutip dari CNN, Kamis (18/6/2020).

2 dari 2 halaman

Mizotty Pembuat Bilik Disinfektan

Perusahaan di balik bilik disinfektan Vladimir Putin adalah Mizotty. Mereka membuat bilik tersebut tiga pekan lalu.

"Kami memulai pembuatan bilik-bilik tersebut tiga minggu yang lalu, meluncurkan produksi ini karena pandemi Virus Corona COVID-19 dan banyak perusahaan telah tutup,” ujar kepala perusahaan Mizzoty, Natalysa Spirina.

"Kita telah mengkarantina selama satu minggu dan memutuskan untuk menciptakan suatu alat baru untuk memerangi novel Virus Corona dan menciptakan alat sanitizer ini," jelasnya lagi.

Terowongan disinfektan ini dirancang untuk mendisinfeksi semua orang yang melewatinya dengan "kabut air halus," menurut laporan RIA Novosti.

Menurut Mizotty, terowongan ini memiliki antiseptic Anoilt yang telah diizinkan oleh pemerintah Rusia digunakan untuk memerangi pandemi Virus Corona COVID-19.

Mizotty juga telah memasang beberapa fasilitas serupa di rumah sakit Rusia di daerah Penza, dan juga telah bekerja sama dengan pemerintah. Mereka pun juga berpikiran untuk memperluas pabriknya.

Saat ini Putin telah bekerja dari rumahnya di Novo-Ogaryovo, dan melakukan beberapa pertemuan melalui video konferensi.

Sebelumnya pada bulan April, Jubir Presiden Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa setiap orang yang bertemu dengan Vladimir Putin akan diuji untuk Virus Corona COVID-19. Selain itu juga dilakukan dengan melakukan jarak sosial.

Peskov sebelumnya dirawat di rumah sakit akibat positif Virus Corona COVID-19 pada bulan Mei. Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin, Menteri Kebudayaan Olga Lyubimova dan Menteri Perumahan Vladimir Yakushev juga terinfeksi virus SARS CoV-2.

Sejumlah pengamat sanksi dengan laporan angka kematian akibat Virus Corona COVID-19 Rusia. Mereka mempertanyakan apakah data tersebut dilakukan secara cermat.

Reporter: Yohana Belinda

 

Lanjutkan Membaca ↓