Sukses

4 Mitos dalam Dunia Teknologi yang Akan Kekal Abadi

Beberapa mitos dalam dunia teknologi ini terus terdengar. Apakah ini benar-benar terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak mitos yang terus diyakini banyak orang di seluruh dunia. Mitos itu tak hanya berkutat pada legenda di suatu tempat, melainkan juga merambah ke sektor teknologi

Banyak orang yakin, dengan melakukan sejumlah cara bisa membahayakan atau bermanfaat bagi benda-benda berteknologi yang Anda miliki. Mulai dari penggunaan baterai hingga ponsel pintar.

Sah-sah saja untuk meyakini hal tersebut. Namun para ahli teknologi yang ada di bidang kompeten tidak setuju dengan hal itu.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Rabu (17/6/2020) berikut 4 mitos dalam dunia teknologi yang tak akan pernah mati:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memasukan Baterai ke Lemari Es

Setelah berjam-jam bermain pokemon di Gameboy dan baterai sudah mulai habis namun tak ada uang untuk membeli kembali, anak-anak percaya memasukan baterai ke lemari es bisa mengisi kembali daya.

"Sesi permainan saya yang intens tiba-tiba terhenti saat gim saya melemah. Merasa kalah, saya menyimpan baterai saya ke dalam freezer meski itu tak berpengaruh apa-apa," ujar seorang anak.

Tidak mengherankan, hal ini tidak pernah berhasil. Faktanya: memasukkan baterai Anda ke dalam freezer malah memperpendek usia mereka. Ini disebabkan oleh suhu dalam baterai akan turun dan ketika Anda mengeluarkannya dari freezer, suhu akan naik dengan cepat. Beberapa sumber mengklaim bahwa ini dapat membuat baterai meledak, sementara yang lain menyebut perubahan suhu mendadak menyebabkan kondensasi yang mengarah pada korosi. Singkatnya, jangan masukkan baterai Anda ke dalam freezer.

 

3 dari 5 halaman

2. Mengisi Daya Ponsel Semalaman Bisa Buat Baterai Rusak

Berapa kali Anda mendengar bahwa jika meletakkan telepon di pengisi daya semalam, akan merusak baterai Anda?

Untungnya, banyak orang yang mulai melupakan mitos ini. Namun, bagi Anda yang masih percaya ini benar, sangat disayangkan.

Smartphone dapat memperlambat laju pengisian ketika mendekati 100 persen dan sekali di sana tidak akan kelebihan beban daya.

 

4 dari 5 halaman

3. Duduk Dekat TV Menyala Bisa Hangatkan Badan

"Saya ingat menempelkan wajah saya ke layar sambil menikmati kartun favorit saat masih kecil," ujar seorang narasumber.

"Setiap kali saya melakukan ini, ibu saya akan memarahi dan meminta saya untuk pergi dari sana secepat mungkin," tambahnya.

Namun, ini semua hanyalah mitos. Itu tidak akan benar-benar menghangatkan tubuh Anda.

 

5 dari 5 halaman

4. Main Ponsel Sambil Isi Daya Berbahaya

Mitos ini terus bergulir dari mulut ke mulut.

Apakah mitos ini didasarkan pada beberapa kebenaran atau hanya semacam legenda urban yang orang suka ulangi kepada teman-teman mereka agar terlihat menarik untuk dibahasi? Jelas ini tidak benar.

Setelah Anda membaca artikel ini, luangkan waktu sejenak untuk mencari beberapa video ponsel yang meledak di saku orang. Itu terjadi.

Tetapi mengisi daya telepon Anda dan menggunakannya pada saat yang sama tidak menempatkan Anda pada risiko ponsel Anda meledak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.