Sukses

Serangan Udara Koalisi Saudi di Yaman Tewaskan 13 Warga Sipil

Serangan udara kembali terjadi di Yaman oleh koalisi Saudi.

Liputan6.com, Sana'a - Serangan udara dari koalisi yang dipimpin Saudi menghantam sebuah kendaraan yang membawa warga sipil di Yaman utara pada Senin 15 Juni. Insiden tersebut pun menewaskan 13 orang, termasuk empat anak-anak, menurut pemberontak Houthi. 

Dikutip dari laman AP, Rabu (17/6/2020), para pemimpin suku Yaman, berbicara dengan syarat anonim dengan alasan takut akan pembalasan, mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur Saudi telah menargetkan kendaraan di daerah Shada di Provinsi Saada, kubu pemberontak, yang menewaskan semua orang di dalamnya.

Koalisi yang dipimpin Saudi telah menghadapi kecaman internasional yang luas atas serangan udara yang telah menewaskan ratusan warga sipil dan mengenai sasaran non-militer, termasuk sekolah, rumah sakit dan pesta pernikahan. 

Houthi menggunakan drone dan rudal untuk menyerang Arab Saudi.

"Tragedi ini adalah bukti lebih lanjut bahwa meskipun perang di Yaman telah menewaskan banyak orang, itu masih jauh dari selesai," kata Xavier Joubert, direktur negara Yaman untuk kelompok bantuan internasional Save the Children.

Saksikan juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sasaran Saudi

Perbatasan barat laut Yaman dengan Arab Saudi sering menjadi sasaran pesawat tempur Saudi, yang secara dekat melacak konvoi di wilayah tersebut dan telah membuat banyak bentrokan selama bertahun-tahun. 

Kementerian Kesehatan yang dikelola Houthi mengidentifikasi 11 korban, termasuk seorang wanita dan empat anak, berusia 12-14, di jalan raya barat laut. Juru bicara kementerian Youssef al-Hadri mengatakan dua jasad lainnya terbakar tanpa bisa dikenali.

Kelompok itu sedang dalam perjalanan pulang dari pasar lokal ketika mereka tiba-tiba dibom. Tidak ada komentar segera dari koalisi yang dipimpin Saudi tentang kejadian ini.

Pada hari Senin, Sekretaris Jenderal Antonio Guterres menanggapi koalisi yang dipimpin Saudi dari daftar partai global yang tindakannya telah melukai anak-anak dalam konflik, sebuah langkah yang mendapat kecaman tajam dari kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Konflik Yaman tengah meletus sejak 2014, ketika pemberontak Houthi merebut sebagian besar utara negara itu, termasuk ibu kota, Sanaa. Koalisi yang dipimpin AS yang didukung-Saudi campur tangan pada tahun berikutnya untuk menggulingkan Houthi yang sekutu Iran dan memulihkan pemerintahan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

Perang telah menewaskan lebih dari 112.000 orang, menurut Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, termasuk 12.000 warga sipil. Pemboman udara dan pertempuran darat yang hebat telah menghancurkan ribuan bangunan, membuat setengah dari rumah sakit Yaman tidak berfungsi.

Konflik hanya meningkat ketika sistem kesehatan yang hancur di negara itu berjuang untuk mengatasi wabah Virus Corona baru. Pada hari Senin, pemerintah yang diakui secara internasional mencatat 116 infeksi baru, termasuk 36 kematian, dan menjadi angka kasus harian terbesarnya.

Houthi telah menolak untuk merilis jumlah kasus Virus Corona baru mereka, mengatakan publisitas seperti itu menyebabkan kepanikan. Meskipun pengujian masih sangat terbatas secara nasional, lonjakan dramatis dalam kematian di antara mereka yang menderita gejala COVID-19 menunjukkan pandemi melonjak di negara termiskin di Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.