Sukses

Misteri Benda Antariksa Oumuamua, Si Bongkah Es Hidrogen Raksasa

Bukan komet atau asteroid, benda antariksa Oumuama yang misterius ternyata bongkah es hidrogen raksasa, menurut ilmuwan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika astronom Kanada Robert Weryk menemukan Oumuamua melewati Tata Surya kita dengan teleskop Pan-STARRS, pada bulan Oktober 2017, hal itu menyebabkan kehebohan. Itu adalah objek antarbintang pertama yang pernah terlihat lewat dekat Bumi. Kegembiraan itu memunculkan spekulasi: apa itu?

Ada banyak dugaan tentang asal-usulnya. Apakah itu pesawat ruang angkasa alien? solar sair? Atau sesuatu yang luar biasa?

Seiring semakin banyak bukti pengamatan, gagasan tentang sifat Oumuamua mengikuti. Apakah itu komet? Namun, itu tidak memiliki koma (lapisan samar di sekitar inti komet), jadi beberapa orang mengira itu adalah komet yang sebagian hancur, atau komet ekstrasolar.

Mungkinkah itu asteroid? Oumuamua mirip dengan asteroid dalam beberapa hal, seperti tingkat rotasinya. Tapi itu adalah benda berbentuk cerutu memanjang, tidak bulat.

Seiring berjalannya waktu, lebih banyak penelitian muncul. Tapi, ketelitian mereka terhambat oleh penampilan singkat Oumuamua di Tata Surya kita, dan oleh terbatasnya kesempatan untuk pengamatan. Sebuah studi pada tahun 2019 menunjukkan bahwa objek tersebut memang merupakan fragmen dari komet antarbintang yang hancur yang lebih besar.

Kemudian pada April 2020, sepasang peneliti menerbitkan penelitian lain tentang Oumuamua.

Mereka mengonfirmasi asal usul ekstrasurya Oumuamua, mengatakan bahwa itu adalah fragmen dari tubuh induk yang lebih besar, terkoyak oleh kekuatan pasang surut ketika terlalu dekat dengan bintangnya dan masuk tanpa izin pada batas Roche. Oumuamua dikirim pada lintasan dari tata surya asalnya, ke lintasan kita.

Sekarang, sebuah penelitian baru menyajikan bukti yang menunjukkan asal yang berbeda untuk pengunjung antarbintang pertama kami: Ini bukan fragmen dari tubuh yang jauh lebih besar, tetapi sepotong hidrogen beku. Gunung es ruang angkasa.

Studi baru berjudul "Evidence that 1I/2017 U1 ('Oumuamua) was composed of molecular hydrogen ice". Para penulisnya adalah Darryl Seligman (Dep. Geosciences, University of Chicago) dan Gregory Laughton (Dep. Astronomi, Universitas Yale). Makalah ini telah diterima untuk diterbitkan dalam The Astrophysical Journal Letters.

"Oumumua adalah molekular es hidrogen", ujar Sellignma dalam sebuah pers. 

"Ini menjelaskan bila masih ada benda serupa dengan Oumuamua yang ada di antariksa kita," lanjutnya.

Oumuamua sulit untuk diamati. Itu sedang dalam perjalanan keluar dari Tata Surya kita ketika ditemukan. Itu sudah melewati Matahari, dan lintasannya menunjukkan bahwa ia datang dari luar Tata Surya kita, dan tidak akan pernah kembali.

Objek itu juga melakukan akselerasi, dan tidak ada alasan gravitasi mengapa itu harus. Hal itu menimbulkan dugaan bahwa itu adalah komet, karena komet terkadang bertambah cepat saat mereka mendekati Matahari, mengingat adanya fenomenaoff-gas. Tapi itu meninggalkan koma, dan Oumuamua tidak memilikinya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Studi Menunjukan Bahwa Oumuamua adalah Komet Jenis yang Berbeda

Sementara lain, pada tahun 2019, studi pernah menunjukan bahwa Oumuamua adalah jenis komet, hanya saja Oumuamua adalah jenis komet yang berbeda, menurut paper yang ditulis oleh Konstantin Batygin "

Pada saat itu, Seligman mengatakan kepada NBC News, "Kami cukup percaya diri dalam hipotesis kami, dan tidak percaya bahwa ada kebutuhan untuk bergantung pada alternatif, penjelasan yang kurang mungkin untuk akselerasi non-gravitasi."

Pada saat yang sama, Batygin mengatakan kepada NBC News, "Apa yang diperlihatkan makalah kami adalah bahwa beberapa sifatnya yang luar biasa dapat dipahami dalam kerangka fisika komet yang relatif standar."

Dalam essay terbaru mereka, Seligman dan Laughton telah menyempurnakan gagasan itu, menulis, "Kami menunjukkan bahwa semua sifat yang diamati Oumaumua dapat dijelaskan jika mengandung sebagian besar es molekul hidrogen (H2)."

Dalam siaran pers, Seligman menambahkan bahwa "Satu-satunya jenis es yang benar-benar menjelaskan percepatan adalah hidrogen molekuler."

Molekuler hidrogen ini membeku hanya pada suhu tertentu, yaitu pada -259.14 ° C, tak hanya itu ketika molekuler ini tersublimasi mereka tidak menunjukkan pantulan atau memancarkan cahaya. Hidrogen ini yang menjelaskan kenapa Oumuamua memiliki bentuk yang lonjong. 

Mereka menjelaskan bahwa Oumuamua ini menjelaskan bahwa ada kemungkinan ada gunung-gunung es batu lainnya di luar angkasa. Namun dari mana es batu itu bisa terbentuk?

Mereka mengatakan bahwa 'Oumuamua kemungkinan terbentuk di Giant Molecular Cloud (GMC), struktur yang sama dengan bintang. GMC adalah struktur besar pembekuan hidrogen, antara 15 hingga 600 tahun cahaya. dengan beberapa helium.

Tapi sekali lagi, sulit untuk meneliti Oumuamua ini karena mereka tidak akan masuk datang ke Bumi lagi, namun tetap para ilmuwan harus tetap teliti dalam teleskop mereka. 

Observatorium Vera Rubin, yang secara resmi dikenal sebagai Teleskop Survei Sinoptik Besar, akan online. Mereka memiliki perlengkapan yang cukup lengkap, dan dapat melihat supernova, Obyek Sabuk Kuiper, dan transien lainnya. Teleskop ini memiliki cermin utama 8,4 meter akan mencitrakan seluruh langit yang tersedia setiap beberapa malam, dan katalog 90 persen objek dekat Bumi yang lebih besar dari 300 meter. Jika Oumuamua datang kembali, maka teleskop itu dapat melihat Oumuamua untuk pertama kalinya.

Meskipun Oumuamua adalah yang pertama dari lapisan es hidrogen yang kami temukan, fakta itu saja tidak memberi tahu kita banyak tentang kelimpahannya. Para penulis berpikir kemungkinan ada sejumlah besar benda-benda ini, dan bahwa jumlah mereka memiliki konsekuensi untuk pembentukan planet.

"Sebuah analisis oleh Do et al. (2018) menunjukkan bahwa kerapatan ruang objek mirip Oumuamua adalah n = 0,2 AU-3. Perkiraan kami tentang massa awal Oumuamuas dengan demikian menunjukkan massa total ~ 1 massa Bumi H2- benda-benda kaya per bintang. Lautan galaksi benda-benda seukuran planet yang tidak terikat memiliki potensial bagi pembentukan bintang dan planet."

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.