Sukses

Kasus Baru Corona COVID-19 Melonjak, Pakistan Didesak WHO Lockdown Lagi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Pakistan agar memberlakukan putaran baru lockdown, dengan adanya kelonjakan kasus baru Virus Corona COVID-19 di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Selama sepekan terakhir, sejumlah anggota parlemen dan pejabat pemerintah di Pakistan telah dites positif untuk Corona COVID-19, ketika jumlah infeksi nasional mengalami kelonjakan menjadi sekitar 114.000 pada Rabu 10 Juni 2020. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (11/6/2020), kemudian mendesak Pakistan agar memberlakukan putaran baru lockdown. Melihat adanya lonjakan kasus baru dalam beberapa hari terakhir di negara itu.

Beberapa anggota legislatif nasional dan provinsi juga termasuk di antara hampir 2.300 warga Pakistan yang meninggal setelah tertular Virus Corona COVID-19. Pada Selasa 9 Juni, negara tersebut melaporkan 113.702 kasus Corona COVID-19 terkonfirmasi dengan 2.255 kematian, termasuk rekor 105 kematian.

Larangan untuk menghadiri sidang parlemen diberikan oleh Ketua Majelis Nasional untuk anggotanya, kecuali mereka sudah dites dan hasilnya positif Virus Corona COVID-19.

Perwakilan WHO Palitha Mahipala, dalam surat kepada otoritas kesehatan di Punjab, negara bagian terbesar di Pakistan, merekomendasikan lockdown berkala, yaitu pemberlakuan berselang-seling setiap dua pekan, dan untuk melipatgandakan kapasitas pengujian pada Corona COVID-19 menjadi 50.000 tes per hari.

"Jumlah kasus terkonfirmasi telah membubung sejak beberapa provinsi melonggarkan karantina pada awal Mei," kata Palitha Mahipala. 

Sejak akhir bukan lalu, infeksi Corona COVID-19 di Pakistan telah meningkat ketika pemerintah melonggarkan pembatasan nasional untuk kegiatan komersial dan publik. Selain itu, selama beberapa hari terakhir, rumah sakit, terutama yang berada di kota-kota besar Pakistan telah memperingatkan ruangan perawatan yang sudah tidak tersedia, dan beberapa di antaranya bahkan menolak pasien baru.

Pada Rabu 10 Juni, Pakistan, dengan penduduknya yang berjumlah 220 juta orang mencatat jumlah kasus Corona COVID-19 tertinggi, sejak wabah melanda negara tersebut pada akhir Februari.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menolak Karantina Ketat

Seperti yang dilakukan di negara-negara lain, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah menolak memberlakukan karantina wilayah yang ketat di seantero negara tersebut. Alasannya, hal itu dapat memberikan dampak yang menghancurkan bagi perekonomian, terutama bagi kaum miskin.

Sedangkan untuk kasus di negara tetangga, India, Deputi Menteri Utama New Delhi, Manish Sisodia, mengatakan bahwa pada akhir Juli kota tersebut mungkin akan mencatat hingga 550.000 kasus Corona COVID-19.

Sedikitnya tercatat ada 29.000 kasus Virus Corona COVID-19 yang terkonfirmasi di New Delhi. 

Pada Selasa 9 Juni, Manish Sisodia mengatakan kepada para wartawan bahwa 80.000 ekstra tempat tidur di rumah sakit akan diperlukan, jika kecenderungan pertambahan kasusnya bertahan seperti sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.