Istana Buckingham Rilis Foto Terbaru Pangeran Philip Setelah Ultah ke-99 Tahun

Oleh Liputan6.com pada 11 Jun 2020, 13:21 WIB
Diperbarui 11 Jun 2020, 13:21 WIB
Ratu Elizabeth II dan sang suami Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Elizabeth II dan sang suami Pangeran Philip (Neil Hall/Pool via AP)

Liputan6.com, Berkshire - Pangeran Philip baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-99 pada 10 Juni 2020.

Baru-baru ini, dalam rangka ultah Pangeran Philip, pihak Buckingham Palace mengunggah foto Pangeran Philip terbaru bersama Ratu Elizabeth II. Potret berlatar halaman Kastil Windsor, disebutkan diabil saat cuaca cerah pekan lalu.

Ini merupakan penampilan pertamanya di depan publik sejak keluar dari rumah sakit pada 24 Desember 2019 lalu. Saat itu Pangeran Philip dirawat empat malam di Rumah Sakit King Edward VII karena sejumlah masalah kesehatan.

Duke of Edinburgh bersama Ratu Elizabeth II tinggal di Kastil Windsor selama lockdown akibat Virus Corona COVID-19.

Dalam foto tersebut, Ratu Elizabeth mengenakan bros berlian 18,8 karat berbentuk hati yang disebut Cullinan V. Ia mengenakan aksesoris itu berkali-kali termasuk pada pernikahan cucunya, Putri Eugenie dan London Fashion Week.

Dalam foto terbaru yang dirilis oleh pihak istana Inggris itu, salah satunya juga menunjukan pose saat Ratu Inggris berusia 94 tahun itu menunggangi kuda poni bernama Balmoral Fern di Windsor Home Park.

Pangeran Philip, yang telah menikah dengan Ratu selama 72 tahun, jarang terlihat di depan umum sejak ia pensiun dari tugas kerajaan pada tahun 2017.

Pangeran Philip merupakan pasangan tertua dari pemimpin kerajaan yang masih memimpin, sekaligus pendamping terlama dalam sejarah Inggris.

Duke of Edinburg pernah mengeluarkan pernyataan langka pada bulan April lalu, untuk berterima kasih kepada para pekerja kunci yang menjaga layanan penting berjalan selama pandemi Virus Corona COVID-19. Mengikuti pesan Ratu Inggris di televisi, yang ditonton oleh sekitar 24 juta pemirsa.

Usia Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II yang kian sepuh membuat cucunya, Pangeran William khawatir akan keadaan mereka selama pandemi Virus Corona COVID-19. Ia mengatakan bahwa mereka telah melakukan segalanya agar tetap terlindungi dan terisolasi dari publik.

"Jelas saya berpikir dengan sangat khawatir tentang kakek nenek saya yang sebaya - kami melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa mereka terisolasi dan terlindungi dari Corona COVID-19," kata Duke of Cambridge.

Sejak pandemi Virus Corona COVID-19, kegiatan keluarga kerajaan di Inggris juga telah dibatasi, ditambah lagi karena usia mereka yang berada di usia lanjut. Pihak pemerintah di Inggris pun juga menerapkan peraturan agar orang-orang yang lebih tua untuk berhati-hati saat bertemu dengan kumpulan orang.

Sang Ratu menghentikan tugas resminya akibat pandemi Virus Corona COVID-19 pada pertengahan Maret. Kemudian Pangeran Philip, yang tinggal di perkebunan Sandringham, diterbangkan dengan helikopter untuk bergabung dengan Ratu di Kastil Windsor.

Pemerintah Inggris juga mengeluarkan aturan lockdown untuk kelompok "rentan secara klinis", yang harus berhati-hati untuk meminimalkan kontak dengan siapa pun di luar rumah. Termasuk mereka yang berusia 70 atau lebih, "terlepas dari kondisi medis".

Redaktur pelaksana majalah Majesty, Joe Little, mengatakan bahwa lockdown ini adalah waktu yang tepat bagi Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II untuk berkomunikasi bersama di hari tua mereka, seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (11/6/2020).

 

2 dari 3 halaman

Pangeran Philip Tak Ingin Lebih Dari 100 Tahun

[Bintang] Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip
Perbesar
Sementara itu suami Ratu Elizabeth II, Prince Phillip ta hadir dalam pembaptisan tersebut dikarenakan ia sudah pensiun dari tugas kerajaan sejak musim gugur 2017. (ABC News)

Meski Pangeran Philip masih membutuhkan satu tahun lagi untuk berusia satu abad, dirinya mengaku tidak ingin berusia lebih dari 100 tahun. 

"Aku tidak bisa membayangkan hal yang lebih buruk daripada berusia 100 tahun," katanya. "Aku sudah tidak kuat lagi." 

Perkataan itu terjadi pada tahun 2000 dalam sebuah wawancara The Telegraph, ketika ibu dari Ratu Elizabeth II berulang tahun di usianya yang ke 100. Dirinya pun tidak ingin memecahkan rekor tersebut.

Pangeran Philip telah pensiun dari tugas keluarga kerajaan pada tahun 2017. Ia mengalami kecelakaan pada Januari 2019, meski tidak terluka dalam kejadian tersebut ia akhirnya memutuskan untuk menyerahkan surat izin mengemudinya ke pihak berwenang sebulan kemudian. 

Dia juga keluarga kerajaan pertama yang bertemu putra baru Harry dan Meghan, bayi Archie, setelah secara tidak sengaja "bertemu"  dengan pasangan itu di Kastil Windsor pada hari pemotretan pasangan itu dengan pers, seperti yang dikutip dari Business Insider, Kamis (11/6/2020).

Ucapan dari Anggota Kerajaan

Anggota keluarga kerajaan lain juga mengirim ucapan selamat kepada Pangeran Philip di media sosial.

"Berharap Ulang Tahun ke-99 yang sangat bahagia untuk Yang Mulia Duke of Edinburgh!" Duke dan Duchess of Cambridge menulis di Twitter, bersama foto-foto Philip dengan William dan Middleton.

Reporter: Yohana Belinda

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓