Sukses

Ada Emas Hingga Harta Karun di Permukaan, 5 Fakta Laut yang Belum Banyak Diketahui

Ini sejumlah fakta mengenai laut yang mungkin banyak belum diketahui orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2008, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui Hari Laut Sedunia pada 8 Juni sebagai waktu untuk merayakan wilayah perairan yang sangat besar, yang mencakup sekitar 70 persen permukaan bumi. 

Tujuan dari ditetapkannya hari itu adalah untuk mempromosikan upaya konservasi dan melibatkan para aktivis dalam melestarikan lima wilayah penting seperti Pasifik, Atlantik, India, Samudra Arktik, dan Selatan (Antartika) Selatan, beserta penduduk mereka.

Mengutip Mental Floss, Rabu (10/6/2020), berikut adalah 5 fakta soal laut yang mungkin belum banyak diketahui:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Warna Biru di Laut Berasal dari Matahari

Salah satu ciri samudera yang paling tak terhapuskan adalah perairan biru pekat yang terus-menerus bergolak, bergulung, dan datang dalam bentuk gelombang.

Warna adalah hasil dari panjang gelombang merah dan oranye matahari yang diserap oleh permukaan sehingga panjang gelombang biru menembus lebih dalam, dan akhirnya menghasilkan warna biru pada laut. 

Dikarenakan panjang gelombang itu dapat bergerak lebih jauh ke bawah, lautan akan cenderung tampak lebih biru ketika berada di tingkat yang lebih dalam. Sedangkan air tampak tidak berwarna biru saat Anda duduk di pinggirnya, disebabkan tidak adanya cukup molekul untuk menyerap cahaya.

3 dari 6 halaman

2. Ada Danau dan Sungai di Permukaan Laut

Beberapa permukaan di lautan memiliki pemandangan yang tampaknya tidak masuk akal secara logis — sungai dan danau, beberapa di antaranya bahkan bermil-mil, serta dapat membentang di tanah meskipun terendam.

Bagaimana mungkin ada air di dalam air?

Air dari bawah dasar laut merembes dan melarutkan lapisan garam, membentuk depresi. Karena air dalam depresi lebih padat daripada air di sekitarnya, ia mengendap dalam depresi dan membentuk kolam yang berbeda.

4 dari 6 halaman

3. Ada Sekitar 20 Juta Ton Emas di Laut

Seseorang mungkin saja dapat menjarah kapal karam, tetapi tidak akan dapat mengumpulkan 20 juta ton emas yang diperkirakan ada di dalam air.

Hal itu karena teksturnya yang sangat encer sehingga diukur dalam bagian per triliun. Satu liter air laut mungkin mengandung 13 miliar gram.

5 dari 6 halaman

4. Kebanyakan Letusan Gunung Berapi Terjadi di Bawah Permukaan Laut

Hingga 80 persen dari letusan gunung berapi tidak diperhatikan oleh penduduk di daratan.

Itu karena mereka meletus di bawah air.

Lebih dari 1 juta gunung berapi — sebagian sudah punah dan sebagian masih sangat aktif — memuntahkan lahar panas di bawah permukaan laut. Meskipun panas, makhluk-makhluk masih dapat ditemukan di dekat ventilasi super panas mereka.

Para peneliti percaya bahwa daerah ini memiliki beberapa spesies yang belum ditemukan yang kebal terhadap lingkungan yang keras, yang meliputi suhu air hingga 750°F atau hampir 400 derajat celcius. 

6 dari 6 halaman

5. Ada Harta Senilai Miliaran Dolar di Dasar Laut

Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) memiliki gagasan bahwa satu juta kapal yang tenggelam dalam kegelapan memiliki nilai total harta yang belum ditemukan sebesar $ 60 miliar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.