Sukses

Ribuan Orang Berdatangan, Beri Penghormatan Terakhir ke Jenazah George Floyd

Ribuan orang datang ke gereja di Texas untuk memberi penghormatan kepada George Floyd.

Liputan6.com, Houston - Ribuan orang memberikan penghormatan terakhir kepada George Floyd sebelum ia dimakamkan. Kematian George Floyd memantik protes massal di AS terkait anti-rasisme dan aksi represif polisi.

Dilansir ABC 7 News, Selasa (9/6/2020), para pelayat datang ke gereja di Houston, Texas pada Senin 8 Juni 2020 waktu setempat. Pemakaman dilaksanakan pada Selasa.

Adik dari George Floyd, Philonise, berkata akan terus membuka kasus ini sampai tercapai keadilan.

"Ini menyakitkan," ujarnya di depan gereja. "Kita akan mendapat keadilan. Kita tidak akan menutup pintu ini."

Para pelayat yang hadir tampak memakai masker, dan diminta berjaga jarak saat mendekati peti mati. Beberapa pelayat memakai kaus bergambar George Floyd.

Mereka menunggu selama berjam-jam demi dapat memberi penghormatan terakhir kepada George Floyd. Di luar Texas, warga Los Angeles dan Memphis juga memberikan penghormatan secara simbolis.

Ada juga pelayat yang rela datang dari luar kota bersama anak-anaknya demi memberikan penghormatan.

"Kami telah menonton berbagai protes di TV. Kami berada di rumah merasa marah. Seringkali itu membuat kami menangis," ujar Comill Adams dari Oklahoma City. Ia berkendara tujuh jam bersama keluarganya untuk melayat George Floyd.

Adams berkata kasus George Floyd menghasilkan perubahan. "Kami harus menjadi bagian dari ini," ujarnya.

George Floyd akan dimakamkan di Houston Memorial Garden. Ia akan disemayamkan di sebelah makam ibunya, Larcenia Floyd.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capres dan Gubernur Turut Berikan Penghormatan

Capres Joe Biden juga sudah mengunjungi keluarga George Floyd selama sekitar satu jam. Biden juga sempat berbincang dengan putri angkat George Floyd, Gianna.

Pengacara keluarga George Floyd, Ben Crump, mengapresiasi aksi Joe Biden yang mendengarkan perasaan keluarga Floyd.

"Saling mendengarkan satu sama lain adalah apa yang akan menyembuhkan Amerika. Itulah yang dilakukan Wapres Joe iden dengan keluarga George Floyd selama lebih dari sejam. Ia menyimak, mendengar rasa sakit mereka, dan memikul derita mereka. Sifat kasih itu berarti sangat besar bagi keluarga yang berduka ini," ujar Ben Crump via Twitter.

Gubernur Texas Greg Abbott juga memberikan penghormatannya dan sudah bertemu dengan keluarga George Floyd.

"Saya di sini untuk memberitahumu hari ini bahwa saya berkomitmen untuk bekerja dengan keluarga George Floyd untuk memastikan kita tidak akan mengalami hal yang sama di negara bagian Texas," ujar Gubernur Abbott.

George Floyd meninggal di Minneapolis pada 25 Mei lalu. Pada video yang beredar, ia berteriak sesak napas saat ditindih polisi yang menahannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.