Sukses

WHO Sebut Penyebaran Corona dari Orang Tanpa Gejala Masih Langka

WHO mengatakan mereka masih percaya bahwa penyebaran Virus Corona COVID-19 dari seseorang tanpa gejala adalah hal yang langka.

Liputan6.com, Jakarta- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih percaya penyebaran Virus Corona COVID-19 dari seseorang tanpa gejala sebagai hal yang langka. Meskipun ada peringatan dari banyak pakar di seluruh dunia tentang penularan lebih sering terjadi dan kemungkinan menjelaskan mengapa pandemi Virus Corona sangat sulit untuk diatasi.

Pimpinan teknis WHO pada Virus Corona COVID-19, Maria Van Kerkhove mengatakan, banyak negara melaporkan kasus-kasus penyebaran dari orang-orang yang tidak menunjukkan gejala, atau mereka yang tidak memiliki gejala klinis.

"Tetapi ketika orang-orang itu ditanya lebih rinci tentang kasus-kasus tersebut, banyak dari mereka ternyata memiliki penyakit ringan, atau gejala yang tidak biasa," kata Maria Van Kerkhove. 

Para pejabat kesehatan di negara-negara termasuk Inggris, AS dan di tempat lain telah memperingatkan bahwa Virus Corona COVID-19 menyebar dari orang-orang tanpa gejala. 

Namun WHO berpendapat bahwa jenis penyebaran ini bukanlah pendorong pandemi dan mungkin hanya menyumbang sekitar 6% dari penyebaran yang terjadi, paling banyak, seperti dikutip dari VOA News, Selasa (9/6/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedikitnya Kasus Penyebaran

Virus Corona COVD-19 menyebar dari orang-orang tanpa gejala, menurut beberapa penelitian, tetapi banyak dari mereka adalah merupakan laporan anekdotal atau berdasarkan pemodelan.

Berdasarkan data dari negara-negara, ketika orang-orang tanpa gejala Corona COVID-19 dilacak dalam jangka waktu lama, untuk melihat apakah mereka menyebarkan penyakit, ternyata terdapat sangat sedikit kasus penyebaran, kata Maria Van Kerkhove.

Maria Van Kerkhove menyampaikan, "Kami terus-menerus melihat data ini dan kami berusaha mendapatkan lebih banyak informasi dari negara-negara untuk benar-benar menjawab pertanyaan ini. Tampaknya masih jarang bahwa individu tanpa gejala benar-benar menular ke depan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.