Sukses

Kepolisian Minneapolis Dibubarkan Buntut Kasus George Floyd, Seperti di 2 Kota Ini

Buntut kasus represif terhadap George Floyd mengakibatkan wacana pembubaran dan penyetopan anggaran polisi.

Liputan6.com, Minneapolis - Kota Minneapolis di Amerika Serikat akan membubarkan kepolisian di daerah mereka. Keputusan ini adalah buntut dari aksi represif polisi Minneapolis di kasus George Floyd.

Dilaporkan AP News, Senin (8/6/2020), mayoritas anggota Dewan Kota Minneapolis mendukung pembubaran departemen kepolisian di kota mereka. Anggota dewan berkata upaya reformasi tidak ada hasilnya.

"Sudah jelas bahwa sistem kepolisian kita tidak menjaga masyarakat kita aman," ujar Lisa Bender, presiden dewan. "Usaha-usaha kita untuk reformasi secara bertahap sudah gagal, titik."

Sembilan dari 12 anggota dewan kota setuju agar polisi dibubarkan. Mereka ingin ada sistem baru yang menjami keamanan masyarakat.

Hal serupa pernah terjadi di AS sebelumnya. Pada 2012, kota Camden di New Jersey dan Compton di California. Kepolisian di dua kota itu dibongkar dan penegakan hukum dialihkan ke wilayah tingkat County.

Wali Kota Minneapolis, Jacob Frey, juga dituntut aktivis pro-gerakan Black Lives Matter untuk menyetop anggaran (defund) polisi agar dialihkan ke sektor lain di sektor kemasyarakatan.

Jacob Frey menolak permintaan itu dan dia malah disoraki oleh pendemo. Politikus muda itu pun pergi dari lokasi demo sembari diteriaki kata "shame" (malu) seperti tokoh Cersei Lannister di serial Game of Thrones ketika melakukan Walk of Shame.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donald Trump Bela Polisi

Presiden AS Donald Trump menolak wacana pembubaran atau penyetopan anggaran kepolisian. Ia lantas menyalahkan pesaingnya capres Joe Biden anggota "radikal Partai Demokrat".

Trump berkata ingin penegak hukum mendapat upah yang layak.

"Joe Biden Ngantuk (julukan Trump ke Biden) dan anggota radikal kiri Demokrat ingin 'Menyetop anggaran polisi.' Saya ingin penegak hukum yang hebat dan dibayar dengan baik. Saya ingin hukum dan ketertiban!" ujar Trump di Twitter.

Anggota Partai Demokrat seperti Ilhan Omar dan Alexandria Ocasio-Cortez memang mendukung pembubaran polisi di Minneapolis, tetapi tidak ada bukti bahwa Joe Biden ingin menyetop anggaran polisi.

Belum jelas bagaimana rencana lengkap Dewan Kota Minneapolis untuk membubarkan dan menggantikan kepolisian di daerah mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.