Sukses

Capres AS Joe Biden Akan Temui Keluarga George Floyd Jelang Pemakaman

George Floyd meninggal saat dibekuk polisi hingga memicu protes berskala nasional atas ketakadilan rasial.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Amerika Serikat (AS) yang diusung Partai Demokrat Joe Biden akan menemui keluarga George Floyd di Houston pada Senin (8/6/2020). George Floyd meninggal saat dibekuk polisi hingga memicu protes berskala nasional atas ketakadilan rasial.

Biden akan mengulurkan simpatinya kepada kerabat keluarga Floyd. Ia juga akan merekam satu pesan video untuk acara misa pemakaman Floyd yang digelar pada Selasa 9 Juni di kampung halaman Floyd di Houston.

Joe Biden diperkirakan tak menghadiri misa tersebut agar tidak menyebabkan gangguan bagi para pelayat terkait pengaturan keamanan yang ditetapkan pasukan Dinas Rahasia yang mengawalnya.

Kesempatan bagi masyarakat untuk melayat juga dijadwalkan akan dibuka mulai Senin ini di Houston.

George Floyd, pria berkulit hitam tak bersenjata, tewas pada 25 Mei setelah lehernya ditekan lutut seorang polisi berkulit putih di Minneapolis, bahkan setelah dia mengeluh tak dapat bernapas dan tampak kehilangan kesadaran. Kejadian itu terekam video dan memicu demo jalanan besar-besaran yang melanda AS dan sejumlah negara di dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Joe Biden Kritik Donald Trump

Biden mengkritik Presiden Donald Trump beberapa hari belakangan karena tanggapannya terhadap protes itu, yang sebagian besar berlangsung damai tapi beberapa kali menjurus ke bentrokan dengan kekerasan dan perusakan properti. Dalam responsnya, Trump meminta pihak berwenang menumpas para pengunjuk rasa, seperti dilansir Antara.

Perjalanan ke Texas itu berlangsung saat staf Biden berjuang soal bagaimana berkampanye dengan aman selama pandemi Virus Corona COVID-19. Sejak penutupan wilayah yang meluas mulai musim semi ini, Biden meninggalkan rumahnya di Delaware hanya beberapa kali namun tak bepergian lebih jauh dari Philadelphia.

Joe Biden akan menghadapi Trump dalam pemilihan presiden 3 November.

Mantan wakil presiden AS ini kerap dipuji pendukungnya karena kecakapannya memberikan penghiburan kepada mereka yang berduka. Istri pertama Biden dan bayi perempuannya meninggal dalam satu kecelakaan mobil, dan putranya, Beau, tutup usia akibat kanker otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.