9 Pemadam Kebakaran Cedera Akibat Ledakan Kapal Norwegia di Florida

Oleh Natasha Khairunisa AmaniLiputan6.com pada 06 Jun 2020, 07:19 WIB
Diperbarui 08 Jun 2020, 13:35 WIB
Ilustrasi kapal kargo (AFP/Olga Maltseva)
Perbesar
Ilustrasi kapal kargo (AFP/Olga Maltseva)

Liputan6.com, Jakarta- Kapal berbendera Norwegia, Hoegh Xiamen pada Kamis sore 4 Juni 2020 waktu setempat melaporkan terjadi kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Jacksonville (JFRD) mengatakan via Twitter bahwa para petugas kemudian bertindak menanggapi panggilan dari kapal tersebut.

Selama tiga jam, mereka berjuang memadamkan api di kapal yang berlabuh di Pelabuhan Jacksonville, Florida, AS. Kemudian tiba-tiba terjadi ledakan.

"Sembilan petugas pemadam kebakaran dirawat di rumah sakit karena cedera yang dialami sewaktu memadamkan api dan ledakan, yang terjadi berikutnya di sebuah kapal kargo,"kata para pejabat dinas kebakaran dan penyelamatan di Florida seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (6/6/2020).

Sebelum ledakan terjadi, petugas pemadam telah mengevakuasi lebih dari 20 awak kapal.

2 dari 3 halaman

Petugas Kebakaran Berada di Ruang Kargo

Ilustrasi kapal kargo (Liputan6.com/Rino Abonita)
Perbesar
Ilustrasi kapal kargo (Liputan6.com/Rino Abonita)

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Keith Power mengatakan bahwa para petugas berada di dalam ruang kargo kapal sewaktu ledakan terjadi.

"Dari sembilan petugas yang dirawat, empat di antaranya dirawat karena luka bakar. Satu orang menjalani operasi dan satu orang dirawat di unit perawatan intensif," kata JFRD via Twitter

"Satu orang lainnya dirawat karena kelelahan akibat suhu tinggi. Para petugas yang dirawat karena luka bakar dalam kondisi serius namun stabil," demikian menurut pernyataan JFRD.

Kapal kargo berbendera Norwegia itu dijadwalkan sejatinya dijadwalkan untuk meninggalkan Jacksonville. Menurut laporan media setempat, kapal mengangkut mobil-mobil bekas. 

"Hampir 150 petugas terus digilir secara beregu untuk mengatasi kebakaran di kapal itu," kata Keith Power.

Kendati demikian, hingga kini belum jelas apa penyebab kebakaran dan ledakan itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓