Sukses

Cegah Corona COVID-19, Robot Anjing Bagi Hand Sanitizer ke Pengunjung Mal Thailand

Robot K9 berkeliaran di mal Central World yang populer di pusat kota Bangkok, Thailand menarik perhatian anak-anak yang ingin mendapatkan gel dari botol yang menempel di punggung anjing itu.

Liputan6.com, Bangkok - Seekor anjing robot bernama K9 membagikan hand sanitizer kepada anak-anak yang penasaran dan pembeli waspada, di sebuah pusat perbelanjaan Thailand.

Anjing hi-tech yang dikendalikan menggunakan sistem 5G ini adalah sebuah teknologi yang menjanjikan kecepatan internet super cepat, dengan waktu reaksi langsung yang masih dalam tahap awal peluncuran di Thailand.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (4/6/2020), robot ini meniru seekor anak anjing yang bersemangat.

Robot K9 ini berkeliaran di mal Central World yang populer di pusat kota Bangkok, Thailand. Kehadirannya menarik perhatian anak-anak yang senang bermain dan ingin mendapatkan gel dari botol yang menempel di punggungnya.

"Sangat mudah bagi orang untuk membersihkan tangan, seperti tindakan pencegahan terutama dalam situasi COVID-19 ini," kata Petra Saktidejbhanubandh, seorang petugas pemasaran untuk operator seluler Advanced Info Services (AIS).

AIS bertujuan untuk meluncurkan jaringan 5G untuk smartphone pada akhir tahun ini.

"Khusus untuk K9, orang-orang hanya berpikir itu benar-benar lucu," kata Petra kepada AFP, seraya menambahkan mereka berharap dapat menghilangkan rasa takut yang diakibatkan oleh fiksi terhadap pengambilalihan robot.

"Robot ada di sini untuk membantu orang, bukan untuk menggantikannya."

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandangan Lain

Meski demikian, seorang pengunjung mal bernama Lapassanan Buranapatpakorn tidak yakin. Ia mengatakan bahwa kerangka mekanik K9 "menyeramkan".

"Saya pikir eksekusi, robot itu sendiri agak menakutkan," katanya, meskipun dia mengakui bahwa membagikan hand sanitiser adalah "ide bagus".

Thailand secara bertahap mencabut pembatasan pada bisnis, yang telah mengambil tindakan pencegahan seperti memisahkan pelanggan di restoran.

Thailand saat ini memiliki 3.101 kasus dikonfirmasi positif Virus Corona COVID-19 dan 58 kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.