Sukses

Potret Detik-Detik Peluncuran Roket SpaceX Falcon 9 dari Angkasa Luar

Kosmonot Rusia di ISS membagikan potret dari angkasa luar saat detik-detik peluncuran Roket SpaceX Falcon 9 di Cape Canaveral Forida, AS.

Liputan6.com, Florida - Roket Falcon 9 yang membawa SpaceX Crew Dragon telah berhasil meluncur dari Kennedy Space Center di Florida. Wahana itu membawa dua astronaut NASA ke orbit fasilitas angkasa luar pada Sabtu 30 Mei 2020. 

Namun ternyata, peluncuran tersebut juga berhasil disaksikan di angkasa luar oleh seorang kosmonot Rusia, yaitu Ivan Vagner, yang saat ini sedang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Setelah melihat peluncuran penerbangan Demo-2 dari SpaceX Crew Dragon, Ivan Vagner dalam postingannya via Twitter menulis, "Selamat untuk semua orang dan saya berharap untuk bertemu @Astro_Doug, @AstroBehnken!" yang merujuk pada astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley.

Bersama dengan tweet itu, Ivan Vagner membagikan foto roket yang berhasil ia tangkap dan kapsul misi Demo-2 di landasan, saat hanya dua menit sebelum peluncuran. 

Kedua astronaut tersebut tiba di laboratorium yang mengorbit pada 31 Mei 2020, untuk tinggal dalam waktu yang berlangsung antara satu hingga empat bulan, seperti dikutip dari Space.com, Minggu (31/5/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuaca Buruk Sempat Menunda Peluncuran Roket

Pada Rabu 27 Mei, Bob Behnken dan Doug Hurley menjalani upaya peluncuran scrubed, ketika kondisi cuaca buruk memaksa tim NASA dan SpaceX untuk menunda peluncuran.

Cuaca juga mengancam peluncuran pada Sabtu 30 Mei tersebut, tetapi untuk menjaga-jaga jika peluncuran tetap dilakukan, kedua astronaut itu tetap mengenakan pakaian antariksa mereka. Cuaca dilaporkan kembali cerah Ketika menjelang jam hitung mundur.

Roket Falcon 9 berhasil diluncurkan pada pukul 3:22 siang waktu setempat, dan SpaceX Crew Dragon berhasil meraih orbit.

Peluncuran itu dikatakan sebagai yang pertama untuk manusia mengorbit dari fasilitas AS sejak 2011, ketika pesawat ulang-alik NASA pensiun.

Bob Behnken dan Doug Hurley melakukan perjalanan mereka selama 19 jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), menurut laporan Space.com,  di mana mereka akan bergabung dengan astronot NASA Chris Cassidy, Ivan Vagner dan rekan Rusia-nya, Anatoly Ivanishin, yang telah berada di angkasa luar sejak April 2020. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.