Sukses

Demo Isu Rasisme Masih Marak di AS, Kemlu RI Imbau WNI Waspada

Kementerian Luar Negeri RI telah mengeluarkan Imbauan Untuk WNI di AS saat demonstrasi isu rasisme masih berlangsung di negara tersebut.

Liputan6.com, Washington DC - Kemarahan warga yang berupa aksi demonstrasi dan protes terhadap kematian pria Afrika-Amerika, yaitu George Floyd, saat ditahan polisi telah berlangsung di jalanan di beberapa kota AS

Menyikapi terjadinya rangkaian demonstrasi di beberapa kota di negeri Paman Sam tersebut, dalam laman Instagram @safetravel.kemlu, Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan imbauan mereka kepada seluruh masyarakat Indonesia di AS untuk bersikap tenang namun tetap waspada serta menghindari tempat-tempat aksi demonstrasi. 

Selain itu, Kemlu RI juga menulis untuk "Tidak keluar rumah untuk sementara waktu, yang juga sesuai dengan petunjuk Protokol Kesehatan di berbagai wilayah di AS, kecuali untuk keperluan yang sangat mendesak."

Anjuran selanjutnya yang dibagikan juga termasuk dengan "Terus memantau pemberitaan dan mengikuti secara seksama petunjuk dan arahan yang dikeluarkan otoritas setempat," demikian seperti dikutip dari laman Instagram @safetravel.kemlu, Minggu (31/5/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerusuhan di Minnesota

Pada Kamis 28 Mei, Gubernur Minnesota, yaitu Tim Walz, langsung mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan Garda Nasional Minnesota untuk memulihkan ketertiban.

Selain laporan adanya pengumuman status keadaan darurat di Minnesota, Kepala Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet juga menyampaikan desakannya kepada Pemerintah AS untuk segera mengambil "tindakan serius" guna menghentikan pembunuhan orang Afrika-Amerika yang tidak bersenjata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.