Sukses

8 Fakta Peluncuran Roket SpaceX yang Kirim 2 Astronaut NASA ke Angkasa Luar

Berikut 8 fakta misi peluncuran astronaut NASA menggunakan roket SpaceX.

Liputan6.com, Florida - Sebuah roket SpaceX yang membawa dua astronaut NASA veteran sedang menuju ke Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) pada hari Sabtu pada penerbangan kru pertama yang dilakukan oleh sebuah perusahaan swasta, mengantarkan era baru dalam perjalanan ruang angkasa.

Roket Falcon 9 SpaceX yang membawa astronaut NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley terbang dengan sempurna, menyemburkan awan api oranye terang dan asap dari Kennedy Space Center Florida untuk perjalanan 19 jam ke stasiun ruang angkasa yang mengorbit.

Berikut 8 fakta misi peluncuran SpaceX - NASA tersebut, seperti dikutip dari BBC, Minggu (31/5/2020).

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Kolaborasi NASA dengan Perusahaan Swasta

NASA telah merencanakan untuk menyerahkan transportasi kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak awal 2000-an. Setelah pesawat ulang-alik Columbia rusak saat kembali ke Bumi pada tahun 2003, badan antariksa berfokus pada pengembangan pesawat ruang angkasa pengganti yang dapat melakukan perjalanan ke Bulan.

Melibatkan perusahaan swasta dalam transfer kru dan kargo ke ISS adalah langkah yang diperlukan untuk membeli program itu. Pada 2014, perusahaan SpaceX dan raksasa kedirgantaraan Boeing, diumumkan sebagai pemenang kontrak NASA untuk layanan transportasi kru. SpaceX meluncurkan pesawat ruang angkasa berawak pertama kali; pesawat ruang angkasa Crew Dragon yang lepas landas di atas roket Falcon 9 dari Kennedy Space Center Florida.

3 dari 9 halaman

2. Sekilas SpaceX

SpaceX adalah perusahaan Amerika yang menyediakan layanan peluncuran komersial dan pemerintah pada roket Falcon 9 dan Falcon Heavy-nya. Pengusaha Elon Musk mendirikan perusahaan pada tahun 2002, dengan tujuan mengurangi biaya transportasi ruang angkasa dan memungkinkan kolonisasi Mars.

SpaceX adalah perusahaan swasta pertama yang secara rutin mengembalikan tahapan roket ke Bumi di bawah kekuatan pendorong sehingga mereka dapat diterbangkan kembali daripada dibuang. Telah melakukan penerbangan kargo reguler ke ISS, dan sekarang akan bertujuan untuk mulai meluncurkan astronot. Perusahaan Musk juga mengembangkan pesawat ruang angkasa yang lebih besar untuk membawa manusia - yang disebut Starship - yang dapat memulai proses penyelesaian Mars.

4 dari 9 halaman

3. Elon Musk

Tidak lengkap membicarakan SpaceX tanpa menyebut nama Elon Musk. Lahir di Afrika Selatan, Elon Musk menghasilkan lebih dari US$ 160 juta dari penjualan layanan pembayaran online PayPal ke eBay. Keinginannya untuk melihat umat manusia menjadi peradaban angkasa luar sejati adalah faktor pendorong di balik pendirian SpaceX. Namun ia juga telah terlibat dalam mendirikan berbagai perusahaan lain seperti produsen mobil listrik Tesla.

Dia juga menyusun proyek yang disebut Hyperloop, sistem transportasi berkecepatan tinggi menggunakan pod yang berjalan melalui sistem tabung. Kepribadian dan gaya hidupnya yang penuh warna membuatnya menjadi inspirasi bagi interpretasi Robert Downey Jr tentang karakter Marvel Comics, Tony Stark. Musk tidak asing dengan kontroversi: tweet-nya telah memicu tuntutan hukum dan membuatnya dipaksa keluar sebagai ketua Tesla (meskipun ia tetap sebagai CEO).

 

5 dari 9 halaman

4. Signifikansi Peluncuran

Sejak pensiunnya pesawat ulang-alik pada tahun 2011, NASA telah membayar puluhan juta dolar Rusia untuk meluncurkan astronotnya di pesawat ruang angkasa Soyuz.

Peluncuran Crew Dragon dari Florida menandai peluncuran pertama manusia dari wilayah AS dalam sembilan tahun. Karena itu, hal ini dipandang penting untuk memulihkan prestise Amerika dalam penerbangan luar angkasa manusia. Ini juga akan menjadi pertama kalinya sebuah perusahaan swasta meluncurkan astronot ke orbit.

6 dari 9 halaman

5. Crew Dragon

The Crew Dragon adalah pesawat ruang angkasa yang akan mengangkut astronot ke ISS. Ini adalah evolusi ramping dari pesawat ruang angkasa Dragon yang dibangun untuk mengangkut kargo ke pos terdepan yang mengorbit. Crew Dragon dirancang untuk mengangkut maksimum tujuh penumpang, tetapi penerbangan NASA akan membawa empat penumpang, dengan sisa ruang diisi oleh persediaan.

Wahana itu dilengkapi dengan pendorong yang memungkinkannya untuk bermanuver di ruang angkasa dan akan berlabuh ke stasiun ruang angkasa di bawah kendali otonom. Tidak seperti pesawat ruang angkasa sebelumnya yang dirancang untuk manusia, kabin kru memiliki kontrol layar sentuh menggantikan tombol fisik.

7 dari 9 halaman

6. Para Astronaut dan Rencana Misi Mereka

Bob Behnken dan Doug Hurley adalah astronaut NASA. Mereka dipilih pada tahun 2000 dan masing-masing diterbangkan ke luar angkasa dua kali dengan pesawat ulang-alik.

Mereka adalah anggota yang paling berpengalaman dari korps astronaut NASA dan keduanya dilatih sebagai pilot uji --yang telah terlatih untuk menempatkan pesawat ruang angkasa baru melalui langkah-langkahnya. Hurley telah menghabiskan total 28 hari dan 11 jam di ruang angkasa, sementara Behnken telah mengumpulkan total 29 hari dan 12 jam, termasuk 37 jam waktu perjalanan ruang angkasa. Keduanya juga menikah dengan astronaut.

Pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk membawa astronot harus melalui proses yang memastikan mereka dapat beroperasi dengan aman. Peluncuran ini pada dasarnya adalah langkah terakhir dalam proses validasi itu. Begitu berada di orbit, Behnken dan Hurley akan menguji sistem kontrol lingkungan Crew Dragon, layar dan kontrol serta pendorong manuver.

Mereka akan memonitor sistem dok otonom selama pendekatan ke stasiun ruang angkasa dan akan menjadi anggota kru ISS. Di pos terdepan yang mengorbit, mereka akan terus melakukan tes pada Dragon Crew bersama dengan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan stasiun ruang angkasa. Ketika tiba saatnya untuk kembali ke Bumi, Crew Dragon akan turun ke Samudra Atlantik. Kapsul dan kru kemudian akan ditemukan oleh kapal bernama Go Navigator.

8 dari 9 halaman

7. Pakaian Antariksa Baru

Setelan penerbangan yang akan dipakai Behnken dan Hurley dalam kapsul terlihat sangat berbeda dengan desain sebelumnya. Berbeda sekali dengan jas besar berwarna jingga labu dan helm bundar yang akrab di era pesawat ulang-alik, setelan SpaceX ramping, putih, angka satu potong dengan helm 3D yang dicetak rapi. Masing-masing dibuat khusus untuk astronot.

Jika mereka terlihat seperti sesuatu dari film fiksi ilmiah, itu mungkin karena penampilan mereka dirancang oleh desainer kostum Hollywood Jose Fernandez, yang telah bekerja pada film Batman, X-Men dan Thor. Tetapi pakaian itu juga harus praktis; mereka dirancang untuk menjaga kru tetap hidup jika terjadi depresi kabin --di mana udara hilang dari bagian dalam pesawat ruang angkasa.

9 dari 9 halaman

8. Misi Selanjutnya

Jika misi Crew Dragon Demo-2 berhasil, SpaceX akan melanjutkan enam misi "operasional" ke ISS dengan nilai kontrak US$ 2,6 miliar dengan NASA. Boeing memegang kesepakatan serupa, senilai US$ 4,2 miliar, untuk mengangkut awak ke stasiun luar angkasa menggunakan kendaraan CST-100 Starliner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.