Sukses

Top 3: Masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka Hingga Matahari di Atas Ka'bah Jadi Sorotan

Pembukaan masjid di Arab Saudi untuk ibadah salat Jumat hingga posisi matahari di atas ka'bah menjadi berita paling populer di kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid di Arab Saudi dilaporkan siap untuk dibuka kembali dan rencananya akan digunakan untuk ibadah salat Jumat. 

Hal ini merupakan salah satu bentuk pelonggaran yang dilakukan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi selama upaya pencegahan penyebaran Virus Corona COVID-19. Informasi ini pun menjadi berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Kamis 28 Mei 2020.

Tak kalah menarik, informasi selanjutnya mengenai kepulangan WNI dari luar negeri selama pandemi Corona COVID-19. Banyak masyarakat Indonesia yang berada dari luar negeri kebingungan tentang prosedur apa yang harus mereka jalani jika ingin kembali ke Tanah Air. 

Menlu Retno Marsudi pun memberikan penjelasannya terkait hal tersebut. 

Terakhir, berita mengenai matahari yang posisinya berada di atas ka'bah hari ini. Fenomena tersebut pun membuat masyarakat Muslim harus membetulkan kiblat mereka saat beribadah. 

Berikut adalah tiga berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Kamis 28 Mei 2020:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Arab Saudi Kembali Buka Masjid untuk Sholat Jumat Mulai 31 Mei

Pada pekan ini, ,masjid-masjid di Arab Saudi akan dibuka kembali untuk sholat Jumat karena negara Kerajaan tersebut akan melonggarkan langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran Virus Corona COVID-19.

Mulai 31 Mei hingga 20 Juni, masjid akan dibuka untuk umum saat ibadah sholat Jumat, kata Menteri Urusan Islam Arab Saudi (Ministry of Islamic Affairs), kecuali di Makkah.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

2. Bolehkah WNI Pulang dari Luar Negeri Saat Pandemi? Begini Penjelasan Menlu Retno

Pandemi Virus Corona COVID-19 membuat perbatasan antarnegara tidak seleluasa sebelumnya, bahkan banyak yang ditutup sepenuhnya. 

Hal ini tentu menimbulkan masalah bagi para WNI yang berada di luar negeri, terlebih di masa libur Idul Fitri yang sudah menjadi kebiasaan bagi mereka untuk berkumpul bersama keluarga di Tanah Air. 

Terkait hal ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa tentu WNI masih diperbolehkan untuk pulang namun ada sejumlah rangkaian proses tambahan yang wajib dijalani. 

Simak berita selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Matahari Berada di Atas Ka'bah Hari Ini, Begini Cara Betulkan Arah Kiblat Versi Lapan

Hari ini, fenomena matahari berada di atas Ka'bah akan terjadi. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) turut merinci bagaimana hal itu terbentuk.

"Setiap tahun, ada waktu-waktu tertentu ketika posisi Matahari berada tepat di atas Ka’bah ketika tengah hari yakni: 28 Mei pukul 12.18 Waktu Saudi atau 9.18 Universal Time, dan 16 Juli pukul 12.27 Waktu Arab Saudi atau 9.27 Universal Time (untuk tahun kabisat, 27 Mei dan 15 Juli)," tulis Pusat Sains Antariksa Lapan dalam laman Instagram resminya yang dikutip Rabu (27/5/2020).

Baca informasi lengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.