Sukses

WHO Akan Tinjau Chloroquine Sebagai Obat Corona COVID-19

Presiden AS Donald Trump dan yang lainnya telah mendorong hydroxychloroquine sebagai kemungkinan pengobatan Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26 Mei) menjanjikan peninjauan cepat data tentang hydroxychloroquine, mungkin pada pertengahan Juni, setelah masalah keamanan mendorong kelompok untuk menunda penggunaan obat malaria dalam percobaan pada pasien Corona COVID-19.

Presiden AS Donald Trump dan yang lainnya telah mendorong hydroxychloroquine sebagai kemungkinan pengobatan Virus Corona.

Tetapi WHO pada Senin meminta waktu dalam uji coba multi-negara, yang disebut solidaritas, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (27/5/2020).

Sebuah studi dalam jurnal medis Inggris The Lancet menemukan pasien yang mendapatkan hydroxychloroquine mengalami peningkatan angka kematian dan detak jantung yang tidak teratur, mendorong intervensi dari WHO.

"Keputusan akhir tentang bahaya, manfaat atau kurangnya manfaat hidroksi kloroquine akan dibuat setelah bukti telah ditinjau oleh Dewan Pemantau Keamanan Data," kata badan itu dalam sebuah pernyataan.

"Diharapkan pada pertengahan Juni."

Mereka yang sudah dalam studi di 17 negara saat ini dari ribuan pasien Corona COVID-19 yang telah memulai diberi obat hydroxychloroquine dan diamati apakah dapat menyelesaikan pengobatan mereka, kata WHO.

Pasien yang baru terdaftar akan menerima perawatan lain yang sedang dievaluasi dalam Solidaritas, termasuk remdesivir Gilead Science dan KalV / Aluvia milik AbbVie.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uji Terpisah

Uji coba terpisah hydroxychloroquine, termasuk studi 440 pasien AS oleh pembuat obat Swiss Novartis, terus berlanjut bahkan ketika WHO melambat.

Novartis dan saingannya Sanofi telah berjanji untuk menyumbangkan puluhan juta dosis obat, juga digunakan dalam rheumatoid arthritis dan lupus, jika terbukti efektif dan aman untuk COVID-19.

Novartis mengatakan bahwa studi Lancet, yang mencakup 100.000 orang, hanya "pengamatan" dan tidak mampu menunjukkan hubungan sebab akibat antara hydroxychloroquine dan efek samping.

"Kami membutuhkan uji klinis acak dan terkontrol untuk memahami dengan jelas kemanjuran dan keamanan," kata juru bicara Novartis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.