Sukses

5 Tips Agar Ponsel dan Laptop Anda Tak Cepat Rusak

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang kerap Anda lakukan sehari-hari dapat merusak ponsel hingga laptop Anda. Jadi ada baiknya untuk intropeksi diri terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Kita kerap mengeluh apabila ponsel atau laptop yang belum lama kita beli sudah rusak. Padahal, harganya tidaklah murah. Butuh uang tak sedikit untuk membeli barang elektronik tersebut.

Namun, Anda tak perlu menyalahkan siapa-siapa. Sebab, bisa jadi itu semua rusak akibat ulah Anda sendiri.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang kerap Anda lakukan dapat merusak ponsel hingga laptop Anda. Jadi ada baiknya untuk intropeksi diri terlebih dahulu.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Minggu (24/5/2020), berikut 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak laptop dan ponsel Anda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Bawa Ponsel ke Toilet

Ponsel mungkin sulit lepas dari genggaman. Ke mana saja perginya, pasti akan dibawa. Bahkan ke tempat-tempat yang tak terprediksi sebelumnya.

Salah satu lokasi tersebut adalah toilet. Meski sedang buang air, banyak orang yang masih saja memegang ponselnya.

Mulai dari membalas pesan, menelepon hingga membuka sosial media. Padahal ini dapat merusak ponsel Anda sendiri.

Pertama, ponsel akan rentan jatuh ke air dan merusak mesin. Kedua, jika jatuh ke air dan dalam proses mengisi daya maka itu juga bisa fatal.

3 dari 6 halaman

2. Sarapan dan Makan Siang di Depan Laptop

Karena tuntutan pekerjaan, seseorang akan memiliki waktu sedikit untuk beristirahat. Oleh karenanya banyak orang yang memilih untuk makan sambil bekerja di depan laptopnya.

Tapi tahukan Anda jika hal ini juga dapat merusak laptop Anda. Makanan yang Anda konsumsi bisa saja masuk ke sela-sela keyboard.

Terlebih hal yang Anda makan adalah biskuit. Belum lagi ketika Anda minum air dan bisa saja tumpah mengenai laptop.

 

4 dari 6 halaman

3. Jangan Cas Ponsel Saat Baterai Benar-Benar Kosong

Kebiasaan lain yang bisa merusak gadget Anda yaitu mengisi daya baterai saat bener-benar kosong (0 persen).

Ruapanya hal ini tak baik. Ada baiknya Anda menghubungkan kabel pengisi daya saat baterai mulai merah (menunjukkan kode lemah) biasanya pada angka 20 persen.

Sebab, kualitas baterai akan menurun akibat hal tersebut.

 

5 dari 6 halaman

4. Meninggalkan Laptop Seharian di Mobil

Ini bukan hanya perihal keamanan, tetapi juga tentang fakta bahwa overcooling atau terlalu panas dapat berbahaya bagi teknologi.

Suhu yang terlalu panas akan mempengaruhi prosesor secara negatif. Ini juga terjadi apabila tingkat kelembaban tinggi.

Jika Anda meninggalkan perangkat elektronik dalam suhu dingin dalam waktu lama, maka itu juga akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

Itulah mengapa lebih baik tidak meninggalkan gadget Anda di mobil pada musim panas atau di musim dingin.

 

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan Laptop di atas Kasur

Satu kebiasaan buruk lainnya yaitu menggunakan laptop di atas kasur. Kebanyakan alasannya adalah demi kenyamanan. Nyaman bagi Anda tetapi tak baik untuk mesinnya.

Biasanya, laptop memiliki lubang-lubang saluran udara. Saat digunakan, mesin akan panas dan mengeluarkan panasnya lewat saluran itu.

Jika Anda menggunakan laptop di atas tempat tidur maka akan mempengaruhi prosesor secara negatif. Ujung-ujungnya akan rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.