Sukses

Anak Jamal Khashoggi: Ramadan Penuh Berkah, Kami Maafkan Pembunuh Ayah

Jamal Khashoggi terakhir kali terlihat di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, di mana ia pergi untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya. Ia dinyatakan dibunuh, namun jasadnya tak ditemukan hingga kini.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga jurnalis Arab Saudi yang terbunuh, Jamal Khashoggi mengatakan pada Jumat, 22 Mei 2020 bahwa mereka telah memaafkan pihak yang membunuh ayah mereka, tulis putranya Salah dalam cuitan di Twitter.

"Di malam yang diberkati dari bulan yang penuh berkah ini (Ramadan) kita ingat perkataan Tuhan: Jika seseorang mengampuni dan membuat rekonsiliasi, ganjarannya adalah dari Allah."

"Karena itu, kami putra-putra Martir Jamal Khashoggi mengumumkan bahwa kami mengampuni mereka yang membunuh ayah kami, mencari pahala yang Maha Kuasa," tambahnya.

Jamal Khashoggi terakhir kali terlihat di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018, di mana ia pergi untuk mendapatkan dokumen untuk pernikahannya. Tubuhnya dilaporkan dimutilasi dan dikeluarkan dari gedung. Hingga kini jenazahnya belum ditemukan.

Pembunuhan itu menyebabkan gejolak global, mencoreng citra Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang dituding sebagai dalang.

Beberapa pemerintah negara Barat, serta CIA, mengatakan mereka percaya dia telah memerintahkan pembunuhan.

Pejabat Saudi mengatakan dia tidak memiliki peran, meskipun pada bulan September 2019 putra mahkota menunjukkan beberapa pertanggungjawaban pribadi, mengatakan "itu terjadi di bawah pengawasan saya".

Arab Saudi menjatuhkan hukuman mati lima orang dan tiga ke penjara atas pembunuhan Khashoggi Desember lalu. Para tersangka diadili dalam persidangan rahasia di ibu kota Riyadh.

Persidangan itu dikecam oleh PBB dan kelompok hak asasi. Pelapor khusus PBB untuk ringkasan di luar hukum atau eksekusi sewenang-wenang, Agnes Callamard, menuduh Arab Saudi membuat "ejekan" keadilan dengan membiarkan dalang pembunuhan tahun 2018 bebas.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Jamal Khashoggi

Namun, Salah Khashoggi mengatakan tentang putusan Desember bahwa "sudah adil bagi kami dan keadilan telah tercapai".

Salah sebelumnya mengatakan dia memiliki "kepercayaan penuh" pada sistem peradilan, dan mengkritik lawan yang katanya berusaha untuk mengeksploitasi kasus ini.

The Washington Post melaporkan pada bulan April bahwa anak-anak Khashoggi, termasuk Salah, telah menerima rumah bernilai jutaan dolar dan dibayar ribuan dolar per bulan oleh pihak berwenang.

Tapi Salah menolak laporan itu, membantah mendiskusikan penyelesaian keuangan dengan pemerintah Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.