Sukses

Top 3: Asteroid Sebesar Golden Gate Dekati Bumi hingga Biaya Karantina Corona Malaysia Terpopuler

Berita asteroid hingga biaya mandiri karantina Corona COVID-19 jika masuk Malaysia masuk tiga berita populer di kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Publik Indonesia memiliki daya tarik besar dengan fenomena antariksa. Terbukti dengan tingginya pembaca dalam artikel bertajuk asteroid. 

Sejak awal tahun 2020, sejumlah asteroid memang diketahui melintas dekat Bumi. Beberapa di antaranya bahkan masuk daftar berbahaya bagi Bumi. Yang terkini, batu angkasa sebesar jembatan ikonik di San Fransisco, Golden Gate baru saja melintas.

Berita lain yang menarik perhatian adalah biaya karantina Virus Corona (COVID-19). Negeri jiran Malaysia memberlakukan kebijakan untuk pendatang yang harus disepakati lewat surat perjanjian. 

Aturan tersebut mulai berlaku pada 1 Juni mendatang.

Selain itu, penjelasan ilmuwan soal mengapa burung kerap hingga di kabel listrik dan saluran telepon juga ternyata banyak menarik perhatian publik.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal global Liputan6.com pada Jumat (22/5/2020):

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 10 Asteroid Dekati Bumi Tahun Ini, Satu yang Sebesar Golden Gate Melintas Besok Pagi

Asteroid yang mendekat ke Bumi tidak bisa asal lewat saja. Potensi berbahaya asteroid terhadap Bumi selalu dicermati oleh para ahli.

Menurut NASA, asteroid memenuhi syarat sebagai "berpotensi berbahaya" jika orbitnya pernah memotong orbit Bumi pada jarak kurang dari 4,6 juta mil (7,5 juta km), atau 0,05 unit astronomi, jarak rata-rata antara Bumi dan matahari.

Berikut ini 10 asteroid terbesar yang menjadi ancaman bagi Bumi pada tahun 2020, satu di antaranya yang sebesar jembatan ikonik di San Fransisco, Golden Gate baru saja melintas.

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ini Alasan Mengapa Burung Suka Hinggap di Kabel Listrik

Mungkin Anda pernah merasa heran, apa yang membuat banyak burung kerap hinggap di kabel listrik atau saluran telepon. Mereka terlihat menunduk dan berjajar, baik berkelompok atau sendirian.

Pertanyaannya, mengapa lebih senang hinggap di kabel listrik dibandingkan di ranting pohon? 

Beberapa spesies juga suka bertemu di kabel sebelum mereka memulai migrasi musiman. Itulah sebabnya selama akhir musim panas dan awal musim gugur Anda akan melihat kabel-kabel penuh dengan burung.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Per 1 Juni, Masuk Malaysia Wajib Bayar Biaya Karantina Corona COVID-19 Sendiri

Ada aturan baru jika hendak memasuki Malaysia di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 yang belum mereda. Meski sejumlah negara telah memberlakukan pelonggaran pembatasan.

Semua orang yang memasuki Negeri Jiran itu harus menanggung biaya wajib karantina dan menandatangani surat persetujuan untuk membayar, sebelum mereka melakukan perjalanan ke Malaysia. 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.