Sukses

Top 3: Kisah Haru Pria Diculik Sejak Balita dan Ditemukan Usai 32 Tahun Jadi Sorotan

Berita mengenai kisah seorang pria di China yang diculik sejak balita dan kini kembali ke pelukan orangtua setelah 32 tahun menjadi sorotan di Top 3 kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta- Kisah mengenai seorang pria di China yang diculik saat masih balita, dan kini kembali ke pelukan orangtuanya tengah menarik perhatian. 

Berita tentang kisah kembalinya pria ke pelukan orangtuanya setelah 32 tahun itu menjadi berita yang paling populer di kanal Global Liputan6.com hari ini.

Berita populer lainnya adalah mengenai Matahari yang disebut tengah lockdown, sementara Planet Venus dan Merkurius berdekatan. 

Dalam berita itu, alasan munculnya istilah Matahari lockdown atau mengalami PSBB (Pas Siklusnya Baru Berubah) adalah karena Matahari yang mengalami penurunan aktivitas dan pergantian dari siklus surya ke-24 menuju siklus surya ke-25.

Berita yang jadi sorotan lainnya membahas tentang cara yang dilakukan Vietnam menangani Virus Corona COVID-19 hingga bisa memiliki nol kematian dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. 

Dengan kondisi terakhir, dilaporkan bahwa pemerintah setempat di Vietnam tidak lagi menemukan adanya kasus Virus Corona COVID-19, menurut berita tersebut. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Kamis, (21/5/2020):

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kisah Pria Diculik Sejak Balita dan Kembali ke Pelukan Orangtua Setelah 32 Tahun

Kala itu, 32 tahun yang lalu, seorang balita berusia 2,5 tahun, diculik di pintu masuk sebuah hotel di Xi'an, China. Setelah puluhan tahun dipisahkan dari orangtua kandungnya, pria bernama Mao Yin itu kini kembali kepelukan ayah dan ibunya. 

Mao akhirnya bisa bertemu kembali dengan keluarganya pada Senin 18 Mei setelah hilang diculik saat masih balita di Provinsi Shaanxi, China barat laut. Keterangan pihak kepolisian mengungkap, pada pukul 15.30 waktu setempat, Mao dan orangtuanya berpelukan di Biro Keamanan Masyarakat Kota Xi'an.

Lahir pada Februari 1986, Mao diculik pada 1988. Tahun-tahun berikutnya, polisi melakukan penyelidikan dan penyisiran pada lebih dari 10 provinsi dan kota untuk menemukan Mao.

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Saat Matahari Lockdown, Venus dan Merkurius Berdekatan

Saat pandemi Virus Corona COVID-19, muncul istilah Matahari lockdown atau mengalami PSBB (Pas Siklusnya Baru Berubah). Istilah itu muncul karena Matahari mengalami penurunan aktivitas dan pergantian dari siklus surya ke-24 menuju siklus surya ke-25.

Namun, di tengah viralnya istilah Matahari lockdown dan PSBB, akhir pekan ini justru Merkurius dan Venus tidak menjaga jarak. Kedua planet nampak berdekatan di langit Barat, seperti dikutip dari laman Pusat Sains Antariksa Lapan, Rabu (19/5/2020).

"Fenomena itu disebut juga sebagai Konjungsi, di mana dua benda langit yang teramati dari Bumi memiliki jarak sudut minimum dan berada pada bujur ekliptika yang sama," jelas Lapan.

Baca selengkapnya...

 

4 dari 4 halaman

3. Nol Kematian, Ternyata Begini Cara Vietnam Tangani Virus Corona COVID-19

Kehidupan di Vietnam berangsur-angsur kembali normal. Dengan kondisi terakhir, pemerintah setempat tidak lagi menemukan adanya kasus Virus Corona COVID-19.

Selain itu, prestasi lain yang perlu diketahui adalah Vietnam tidak mencatatkan adanya korban jiwa akibat Virus Corona jenis baru. Menurut data terakhir, Vietnam melaporkan 324 kasus Virus Corona COVID-19 dengan 0 kasus kematian.

Lantas, apa yang membuat pemerintah setempat begitu tanggap menangani pandemi ini di sana?

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.