Temasek Singapura Kirim Bantuan Penanganan Corona ke Kepri dan Sekitarnya

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 19 Mei 2020, 07:03 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 07:03 WIB
KBRI Singapura memfasilitasi bantuan dari Temasek Holdings untuk wilayah Kepri, Jambi dan sekitarnya.

Liputan6.com, Singapura - Untuk ketiga kalinya, Temasek Foundation Singapura menyerahkan bantuan secara virtual kepada Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya pada Senin 18 Mei 2020. Bantuan itu untuk selanjutnya diserahkan kepada 3 (tiga) pemerintah daerah di Indonesia yaitu Kepulauan Riau, Riau, dan Kota Jambi.

Penyerahan bantuan secara virtual tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Temasek Foundation, Dubes RI Ngurah Swajaya, Plt. Gubernur Kepri, Gubernur Provinsi Riau, Walikota Jambi, dan Gugus Keamanan Laut (Guskamla 1) TNI AL.

Pemberian bantuan ini merupakan wujud dari solidaritas, semangat gotong royong dan kepedulian kedua negara dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Bantuan terdiri dari 2 komponen utama yaitu 5.000 liter konsentrat hand sanitizer (non-alcohol) yang nantinya menjadi 500.000 liter sanitizer siap pakai dan test kit. Hand Sanitizer diserahkan oleh Mr. Liem Hock Chuan dari Temasek Foundation untuk Kepri dan Bintan, serta Jambi.

Sementara itu, Benedict Cheong selaku Chief Executive dari Temasek Foundation menyerahkan bantuan test kit yaitu masing-masing 6 unit MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction Kit untuk Kepri, Riau, dan Jambi serta masing-masing 50 unit test kit Fortitude Kit 2.0 untuk Riau dan Jambi. Bantuan ini merupakan kelanjutan dari bantuan yang sebelumnya sudah diberikan oleh Temasek Foundation untuk Batam, Jakarta, dan Bali.

Rencananya seluruh bantuan akan diangkut KRI Semarang dari Changi Naval Base Singapura pada 19 Mei dan tiba di Batam pada hari yang sama untuk selanjutnya dibawa ke Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Jambi, sehingga bantuan seperti hand sanitizer dapat sampai ke masyarakat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Penyerahan bantuan tersebut di atas merupakan bagian dari rangkaian bantuan yang telah telah difasilitasi KBRI Singapura dan diberikan oleh Temasek Foundation untuk penanganan COVID- 19 di Indonesia. Dalam sambutannya, Dubes RI Ngurah Swajaya menyampaikan apresiasi atas kepedulian, solidaritas, dan gotong royong dalam semangat kebersamaan dalam kerangka RISING (Republik Indonesia – Singapura) yang tinggi.

Ditekankan pula bahwa pembatasan secara fisik tidak menjadi halangan untuk melakukan berbagai upaya kerja sama, terbukti ini merupakan kali ke-3 penyerahan bantuan secara virtual dilakukan antara Temasek Foundation dan KBRI Singapura yang seluruhnya berjalan dengan lancar. Dubes RI Ngurah Swajaya juga mengharapkan penanganan COVID-19 akan berlanjut pada upaya-upaya pemulihan ekonomi melalui kerja sama bilateral.

2 dari 3 halaman

Bantuan Ketiga Kali

KBRI Singapura memfasilitasi bantuan dari Temasek Holdings untuk wilayah Kepri, Jambi dan sekitarnya.
KBRI Singapura memfasilitasi bantuan dari Temasek Holdings untuk wilayah Kepri, Jambi dan sekitarnya. (Dok: KBRI Singapura)

Adapun berbagai bantuan lain yang sebelumnya sudah diberikan oleh Temasek Foundation kepada Indonesia melalui KBRI Singapura yaitu berupa ventilator, peralatan biosystem detection, mesin PCR, masker, Alat Pelindung Diri (APD), PCR based Test Kit ke Batam, Jakarta, dan Bali serta konsentrat hand sanitizer ke berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Temasek Foundation juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Indonesia untuk memproduksi peralatan kesehatan seperti masker pakai ulang yang dibeli dalam jumlah besar dari Indonesia untuk disumbangkan sebagian besar ke Indonesia dan sebagia dipakai di Singapura dan disumbangkan ke negara ASEAN lainnya.

Sementara itu, kebutuhan di fasilitas karantina di Singapura seperti dipan dan tempat tidur juga dibeli dari Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓