Sukses

Kuak Misteri Kematian Duta Besarnya, China Kirim Tim Khusus ke Israel

Du (58) ditemukan meninggal dunia di tempat tidurnya. Dia meninggalkan seorang istri dan seorang putra. Du diangkat sebagai utusan China ke Israel sejak Februari lalu.

Liputan6.com, Tel Aviv - Otoritas China akan mengirim tim khusus untuk menyelidiki kematian duta besarnya untuk Israel bernama Du Wei yang ditemukan meninggal dunia di apartemennya di Tel Aviv pada Minggu, 17 Mei 2020.

Du (58) ditemukan meninggal dunia di tempat tidurnya. Dia meninggalkan seorang istri dan seorang putra.

Du diangkat sebagai utusan China ke Israel sejak Februari lalu.

Laporan awal mengatakan bahwa Du ditemukan tewas di tempat tidurnya oleh staf di kediamannya, dan tidak ada tanda-tanda kekerasan ditemukan di tubuh, demikian dikutip dari laman Haaretz, Senin (18/5/2020).

Magen David Adom dari layanan kesehatan Israel mengatakan bahwa dugaan sementara kematian Du adalah insiden serangan jantung.

Seorang sumber telah memberi tahu Haaretz bahwa tim dari China akan berangkat pada hari ini.

Tim itu akan melakukan penyelidikan internal, dan menangani pemulangan jenazah, serta mengoordinasikan kegiatan kedutaan.

Selain itu, itu tidak akan diamanatkan untuk melakukan karantina pada saat kedatangannya, karena kedatangan warga asing ke Israel merupakan sebuah bentuk perintah resmi.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan Sementara

Pada hari Minggu, sumber-sumber pemerintah China mengatakan kepada media di negara itu bahwa Du "tampaknya meninggal karena sebab alamiah tetapi perlu memeriksa semua secara detail."

Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel Yuval Rotem mengatakan bahwa ia berbicara dengan wakil duta besar China Dai Yuming untuk menyampaikan rasa belasungkawa.

Ia juga mengatakan bahwa kementerian akan membantu Kedutaan Besar China jika membutuhkan bantuan.

Kedutaan besar dari seluruh dunia menghubungi Kementerian Luar Negeri Israel, meminta rincian lebih lanjut mengenai keadaan yang menyebabkan kematian Du.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Israel