Sukses

Tertua di Korsel, Pasien Berusia 104 Tahun Sembuh dari Corona

Pasien virus corona tertua di Korea Selatan dipulangkan dari rumah sakit pada Jumat 15 Mei 2020 setelah sembuh dari infeksi pada usia 104 tahun.

Liputan6.com, Pohang - Pasien virus corona tertua di Korea Selatan dipulangkan dari rumah sakit pada Jumat 15 Mei 2020 setelah sembuh dari infeksi pada usia 104 tahun.

Choi Sang-boon meninggalkan Pohang Medical Center, di tenggara negara itu, pada hari yang sama ketika jumlah orang yang dirawat karena infeksi virus corona di Korea Selatan turun menjadi kurang dari 1.000 untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua bulan.

Petugas kesehatan memasang spanduk perayaan untuk Choi, yang telah berada di rumah sakit selama 67 hari, dan memberinya buket bunga untuk memberi selamat padanya atas kepulangannya dan berharap kesehatannya terus membaik.

"Kita semua bersyukur meski dia harus menjalani perawatan panjang dan butuh waktu untuk kembali ke kehidupan normal," kata Ham In-suk, kepala pusat medis, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Asia One, Sabtu (16/5/2020).

Choi menjadi pasien Covid-19 ke-291 yang pulih dan dipulangkan dari Pohang Medical Center, kata Ham, seraya menambahkan bahwa 31 lainnya masih dirawat.

Wanita berusia 104 tahun itu, yang memiliki masalah kesehatan mendasar, dites positif pada 8 Maret sebagai bagian dari klaster infeksi virus corona di rumah perawatan di Kota Gyeongsan dekat Daegu, yang pernah menjadi pusat epidemi Korea Selatan.

Dia menderita radang usus, penurunan kesadaran, dan tekanan darah rendah saat di rumah sakit, tetapi sering menyatakan terima kasih kepada staf medis yang tinggal di sisinya sepanjang waktu, menurut pernyataan itu.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi di Korea Selatan

Korea Selatan melaporkan 27 kasus virus corona baru pada Jumat 15 Mei 2020, 22 di antaranya adalah infeksi lokal yang sebagian besar telah ditelusuri kembali ke Itaewon, sebuah distrik hiburan di Seoul --sebuah klaster yang telah mempengaruhi lebih dari 130 orang sejauh ini.

Yoon Tae-ho, seorang pejabat kesehatan senior, mengatakan jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di negara itu sekarang dalam tiga digit --yang pertama kali turun di bawah 1.000 sejak 26 Februari.

"Jumlah pasien yang dirawat sekarang berada pada tingkat manajerial untuk sistem medis negara dan ini berarti sistem perawatan telah memasuki fase stabil untuk melawan wabah virus corona", katanya.

Secara total, Korea Selatan telah melaporkan sedikit lebih dari 11.000 infeksi virus corona, dengan 260 kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.