Sukses

16-5-1929: Gelaran Perdana Piala Oscar, Film Wings Pemenang Best Picture Pertama

Pada 16 Mei 1929, ajang perfilman Hollywood bergengsi, Academy Award (Piala Oscar), menggelar acara dan membagikan penghargaan pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta- The Academy of Motion Picture Arts and Sciences membagikan penghargaan pertamanya, di sebuah pesta makan malam untuk sekitar 250 orang yang diadakan di Blossom Room of Roosevelt Hotel di Hollywood, California, pada 16 Mei 1929.

Acara ini merupakan gagasan kepala studio film MGM, Louis B. Mayer. Academy Award (atau yang dikenal sebagai penghargaan Oscar), diselenggarakan pada Mei 1927 yang didedikasikan untuk kemajuan dan peningkatan industri film.

Aktor Douglas Fairbanks adalah presiden pertamanya dan tuan rumah upacara di acara bergengsi tersebut pada Mei 1929.

Pemenang Best Picture pertama adalah film Wings yang disutradarai William Wellman.

Film ini adalah satu-satunya film tak bersuara yang memenangkan Best Picture dan merupakan film paling mahal Hollywood pada masanya, dengan anggaran 2 juta dolar AS (Rp 29 miliar), seperti dikutip dari History.com, Sabtu (16/5/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan Kehormatan Khusus

Charlie Chaplin diberikan penghargaan kehormatan khusus, yang awalnya ia mendapat nominasi untuk aktor terbaik, penulis terbaik, dan direktur komedi terbaik untuk film The Circus, namun Chaplin dikeluarkan dari kategori-kategori itu sehingga ia dapat menerima penghargaan khusus tersebut.

Pada 1939, Academy secara resmi mulai menggunakan julukan Oscar untuk penghargaannya. Nama tersebut didapatkan dari Direktur Eksekutif Academy Award, Margaret Herrick, yang mengatakan bahwa patung itu tampak seperti pamannya Oscar, namun hal ini belum dikonfirmasi.

Sejak 1942, hasil pemungutan suara rahasia telah diumumkan selama upacara siaran langsung Academy Awards dengan menggunakan sistem amplop tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.