Sukses

Kisah Pilu Ibu di India Berjalan Kaki 160 KM Setelah Melahirkan

Ia tidak punya tempat tinggal, dan pemberlakuan lockdown karena Virus Corona COVID-19 di India membuat keluarganya tidak berpenghasilan.

Liputan6.com, Jakarta- Kisah perjuangan seorang ibu di India mewarnai peringatan Hari Ibu Sedunia 2020. Ia menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang India dan melahirkan dalam perjalanannya, kemudian terus berjalan sejauh 160 kilometer dengan bayinya yang baru lahir.

Dilansir dari CNN, Kamis (14/5/2020), seorang ibu yang identitasnya tidak diketahui itu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki bersama suaminya dan empat anak mereka dari kota Nashik, di Maharashtra, India, ke kota Satna di negara bagian sebelah Madhya Pradesh.

Seorang ibu itu berhenti dan melahirkan bayi perempuan di suatu tempat dalam perjalanan. Perjalanannya berhenti beberapa hari kemudian, saat bertemu dengan seorang pejabat di sebuah pos pemeriksaan di Madhya Pradesh, yaitu Kavita Kanesh.

Kavita Kanesh mengatakan kepada CNN, ibu dengan lima anak tersebut hanya beristirahat sekitar satu setengah hingga dua jam setelah dia melahirkan. Keluarga itu dikatakan tidak punya uang, tidak punya alat transportasi, dan tidak ada yang memberikan mereka tumpangan. 

Bayi itu dilaporkan lahir pada 5 Mei, menurut Kavita Kanesh, empat hari sebelum mereka mencapai pos pemeriksaan.

Selain itu, Kavita Kanesh juga mengatakan alasan seorang ibu dan keluarganya tersebut meninggalkan Nashik karena tidak punya tempat tinggal, dan pemberlakuan lockdown karena Virus Corona COVID-19 di India telah meninggalkan mereka tanpa sarana untuk mendapatkan penghasilan. 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Karantina dan Perawatan Medis

Proses telah dilakukan untuk ibu tersebut agar ia segera dibawa ke fasilitas karantina dan menerima perawatan medis, kata Kavita Kanesh kepada CNN. 

Sejak pembatasan karena Virus Corona COVID-19 di India diberlakukan, ribuan pekerja migran telah berusaha untuk meninggalkan kota-kota di negara tersebut dan kembali ke desa-desa kampung halaman mereka. 

Beberapa juga dilaporkan terpaksa harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, karena penutupan transportasi umum yang meluas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.