Sukses

Cegah Infeksi Corona COVID-19, Korsel Bakal Larang Penonton Bioskop Ngobrol

Tidak mengobrol dan tidak makan popcorn diyakini bisa meredam penyebaran Virus Corona (COVID-19) di bioskop Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul - Industri film menjadi salah satu yang sangat terdampak oleh Virus Corona (COVID-19). Bioskop di banyak negara mulai tutup karena dicemaskan menjadi lokasi penyebaran virus.

Korea Selatan dan industri perfilmannya juga tak kebal dengan virus ini. Bioskop-bioskop yang selalu ramai jadi dihindari publik.

Tetapi kini pandemi Virus Corona di Korsel sudah melandai dan social distancing dilonggarkan.

Dewan Film Korea atau Korean Film Council (KOFIC) mulai menyusun aturan agar penonton aman di bioskop. Salah satu aturannya adalah melarang penonton mengobrol.

Dilaporkan kantor berita Yonhap, Kamis (14/5/2020), para pengunjung bioskop akan diperiksa suhu tubuhnya pada pintu masuk, bangku-bangku akan diberi jarak, masker diwajibkan, serta tidak boleh mengobrol atau makan popcorn.

Pakar menyebut memakai masker, tidak makan popcorn, dan tidak ngobrol akan ampuh meredam penyebaran Virus Corona COVID-19 di bioskop.

"Kemungkinannya infeksi sangat rendah jika orang-orang yang tidak demam menggunakan masker dengan layak dan tidak bercakap-cakap di bioskop," ujar Jun Byung-yool, mantan kepala Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC).

KCDC merupakan otoritas kesehatan Korsel yang terdepan dalam menangani Virus Corona. Jun Byung-yool merupakan satu dari sembilan anggota komite KOFIC.

Penonton bioskop di Korsel anjlok menjadi 927 ribu pada bulan April lalu menjadi 972 ribu saja. Itu adalah angka terendah penonton bioskop bulanan di Korsel sejak 2004.

Pemerintah Korsel berencana menyuntik dana 17 miliar won (Rp 206 miliar) untuk menunjang sektor perfilman.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah Sudah Aman?

Korsel memang sudah melonggarkan aturan social distancing karena kasus infeksi baru Virus Corona COVID-19 di negaranya sudah menurun. Namun, ada klaster baru yang muncul di Itaewon.

Klaster itu akibat ada orang terjangkit Virus Corona jenis baru yang mengunjungi kelab malam di Itaewon. Akibatnya, pemerintah Seoul langsung menutup semua tempat hiburan malam.

Jika rencana penanggulangan Virus Corona COVID-19 di bioskop terlaksana, maka operator bioskop harus melakukan disinfeksi setiap film selesai dan memastikan ada sirkulasi udara.

Pegawai yang punya demam atau batuk juga diharuskan agar tidak bekerja.

Upaya pencegahan seperti mengecek suhu badan rencananya turut dilakukan di lokasi syuting film.

Syuting di luar ruangan diyakini aman jika para kru mengikuti aturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.